RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORI INSTITUSI DATA DIGITAL PEMIKIRAN DAN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN KIAIKANJENG DI PROGRESS JOGJA: PURWARUPA ISLANDORA 7.x-1.12

Ahmad Jamaluddin Jufri, NIM. 1620010049 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORI INSTITUSI DATA DIGITAL PEMIKIRAN DAN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN KIAIKANJENG DI PROGRESS JOGJA: PURWARUPA ISLANDORA 7.x-1.12. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORI INSTITUSI DATA DIGITAL PEMIKIRAN DAN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN KIAIKANJENG DI PROGRESS JOGJA: PURWARUPA ISLANDORA 7.x-1.12)
1620010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN SISTEM REPOSITORI INSTITUSI DATA DIGITAL PEMIKIRAN DAN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN KIAIKANJENG DI PROGRESS JOGJA: PURWARUPA ISLANDORA 7.x-1.12)
1620010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Kiprah Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dalam konteks sosial kemasyarakatan Indonesia terentang sejak tahun 1970-an hingga kini. Sudah ribuan karya yang dihasilkan Cak Nun berupa esai, naskah drama, puisi, video, audio, dan tentunya dokumentasi foto atau gambar. Karya-karya tersebut tersimpan dalam bentuk digital di dalam server milik Progress Jogja selaku manajemen Cak Nun dan KiaiKanjeng. Dalam mengakses data-data digital tersebut, staf Progress Jogja masih mencari melalui sistem penyimpanan file konvensional di direktori atau folder dengan sistem temu kembali mengandalkan fasilitas searching masing-masing OS (Operating System) komputer, baik Windows, MacOS, maupun Linux yang digunakan mengakses server. Selain penyimpanan yang berbasis OS tersebut, terkadang dalam melakukan pencarian, data yang ditemukan tidak terjaring maksimal, mengingat kiprah perjalanan Cak Nun dan KiaiKanjeng yang sangat lama yang tentu telah menghasilkan sangat banyak dokumentasi. Melihat kondisi tersebut, penulis memandang sudah saatnya diperlukan pembangunan sistem Repositori Institusi (RI) yang baru dan menyeluruh. Dengan pendekatan Penelitian dan Pengembangan, penulis mencoba melakukan penelitian dengan fokus membuat purwarupa sistem Repositori Institusi berbasis Islandora sesuai kaidah prinsip The Prototyping Model. Islandora dipilih karena sesuai dengan kebutuhan tata kelola data-data digital di Progress Jogja. Setelah purwarupa dibuat, dilakukan uji kelayakan dan perbandingan dengan sistem konvensional yang digunakan selama ini. Pengujian dilakukan dengan memasukkan sampel data dan melakukan temu kembali data dengan kata kunci. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan purwarupa Islandora ini, berbagai kelebihan yang dimilikinya membantu penataan data digital dengan baik dan temu kembalinya menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Syifaun Nafisah
Uncontrolled Keywords: Cak Nun, KiaiKanjeng, Progress Jogja, Penelitian dan Pengembangan, Repositori Institusi, Islandora, Data Digital
Subjects: Perpustakaan > Institutional Repository - Repository Digital
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Dec 2019 10:23
Last Modified: 17 Dec 2019 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum