ANALISIS PERBANDINGAN FORENSIK DIGITAL PADA FROZEN HARD DISK DRIVE DAN FROZEN SOLID STATE DRIVE DENGAN METODE NATIONAL INSTITUTE OF JUSTICE (NIJ)

Tyas Abimanyu, NIM. 14650025 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN FORENSIK DIGITAL PADA FROZEN HARD DISK DRIVE DAN FROZEN SOLID STATE DRIVE DENGAN METODE NATIONAL INSTITUTE OF JUSTICE (NIJ). Other thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN FORENSIK DIGITAL PADA FROZEN HARD DISK DRIVE DAN FROZEN SOLID STATE DRIVE DENGAN METODE NATIONAL INSTITUTE OF JUSTICE (NIJ))
14650025_BAB-I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN FORENSIK DIGITAL PADA FROZEN HARD DISK DRIVE DAN FROZEN SOLID STATE DRIVE DENGAN METODE NATIONAL INSTITUTE OF JUSTICE (NIJ))
14650025-BAB II, III, IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Komputasi semakin menuntut untuk memperkecil ruangnya namun memperbesar fungsi dan kapasitasnya. Guna mengimbangi kecepatan perangkat keras komputer yang semakin cepat, hard drive SSD sudah menjadi tujuan untuk generasi saat ini. Software utilitas untuk menjaga kesehatan komputer banyak ditambahkan. Terutama komputer dengan mobilitas yang tinggi dengan pengguna yang juga banyak. Sistem yang selalu teratur seperti sedia kala tanpa meninggalkan jejak, menjadi celah bagi para pelaku tindak kejahatan yang mengetahui fungsi lainnya. Keadaan yang tidak lazim tersebut menjadi tantangan baru bagi penyidik forensik digital dalam melakukan analisa dan eksaminasi. Pada pada penelitian ini akan membahas antara dua macam drive yang masing-masing dalam keadaan frozen. Analisa dan penelitian menggunakan metode forensik dari National Institute of Justice (NIJ). Proses akuisisi bukti digital menggunakan metode statik. Software pembeku yang digunakan yaitu Shadow Defender yang terbukti memiliki pengaruh berupa hambatan yang besar ketika proses forensik digital dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Tehnik Informatika
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Dec 2019 11:03
Last Modified: 18 Dec 2019 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum