Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen “Studi Kasus : Toko ANEKA”

MUSYAFA’ IRFAN EFENDI, NIM. 15650053 (2019) Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen “Studi Kasus : Toko ANEKA”. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen “Studi Kasus : Toko ANEKA”)
15650053_PRA BAB_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_CV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen “Studi Kasus : Toko ANEKA”)
15650053_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Toko ANEKA merupakan salah satu dari sekian banyaknya Toko yang sudah mengimplementasikan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang perdagangan. Toko ini sudah menggunakan sistem kasir dalam pencatatan data transaksi sehari-hari, namun data tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga data menunpuk begitu saja sebagai arsip tanpa memiliki manfaat yang dapat menguntungkan pemilik Toko. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan diimplementasikan teknik data mining untuk mengolah data transaksi penjualan sehingga dapar diketahui pola pembelian konsumen. Data yang diolah akan dikelompokkan sesuai kemiripan jenisnya yang terbagi menjnadi 15 jenis item. Agloritma yang digunakan adalah algoritma apriori dengan bantuan aplikasi WEKA dan Python. Penelitian ini mampu mengimplementasikan teknik data mining menggunakan agloritma apriori dengan bantuan aplikasi WEKA dan Python. Hasil asosiasi yang dikeluarkan oleh kedua aplikasi memiliki akurasi yang cukup baik, sehingga dapat diketahui pola pembelian konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Didik Rohmad Wahyudi, S.T,
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Agloritma Apriori, Weka, Python, Itemset.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Dec 2019 09:03
Last Modified: 19 Dec 2019 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum