STUDI KEBIJAKAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM IMPLEMENTASI PASAL 27 UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT PRODUKTIF DI YOGYAKARTA

ZUBADUZZAMAN, NIM. 12370085 (2019) STUDI KEBIJAKAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM IMPLEMENTASI PASAL 27 UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT PRODUKTIF DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KEBIJAKAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM IMPLEMENTASI PASAL 27 UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT PRODUKTIF DI YOGYAKARTA)
12370085_BAB-I_ BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KEBIJAKAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM IMPLEMENTASI PASAL 27 UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2011 TENTANG ZAKAT PRODUKTIF DI YOGYAKARTA)
12370085_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Zakat produktif merupakan sumber dana potensial yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Dalam pendayagunaannya, zakat dikelola agar menghasilkan sesuatu secara terus menerus. Penelitian ini berangkat dari pemikiran semakin meningkatnya pemberdayaan mustahiq melalui penyaluran zakat dalam bentuk usaha produktif. Zakat yang diberikan secara efektif kepada mustahiq akan berperan sebagai pendukung dalam peningkatan pendapatan usaha bagi mustahiq. Berangkat dari latar belakang tersebeut penulis akan menganalisis bagaimana penerapan kebijakan dalam rangka mengembangkan dana zakat produktif di BAZNAS kota Yogyakarta dengan menggunakan teori yang ada islam yaitu maslahah mursalah dan teori kesejahteraan menurut imam Al Ghazali. Hal ini akan dijelaskan penulis dalam skripsi yang berjudul “ STUDI KEBIJAKAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DALAM IMPLEMENTASI PASAL 27 UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bersumber dari data di lapangan dengan cara mengamati, menilai dan melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang obyektif. Data penelitian ini juga diambil dari literatur buku, dokumen, journal dan internet. Sifat dari peneltian ini adalah deskriptif-kualitatif yaitu peneliti menggunakan sumber data yang sudah terkumpul yang erat kaitanya dengan penelitian, untuk kemudian dianalisis dan dideskripsikan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa kebijakan yang dibuat BAZNAS kota dalam pengembangan dana zakat produktif yaitu program Yogya Taqwa, Program Yogya Cerdas, Program Yogya Sehat, Program Yogya Sejahtera dan Program Yogya Peduli, sudah sesuai dengan Pasal 27 Undang-undang No. 23 Tahun 2011 dan sesuai dengan Undang-undang No. 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial. Sedangkan menurut maslahah mursalah kebijakan yang dibuat oleh BAZNAS Kota Yogyakarta dengan membuat program-program untuk mengembangkan dana zakat produktif sudah sesuai dengan tujuan maslahah mursalah yaitu bertujuan untuk kemaslahatan ummat dan kesejahteraan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MOH. TAMTOWI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Zakat, Produktif, Baznas, Yogyakarta
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Dec 2019 13:47
Last Modified: 26 Dec 2019 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum