PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUNCEN KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)

TIKA AGUSTINA, NIM: 15370004 (2019) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUNCEN KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUNCEN KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH))
15370004_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUNCEN KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO (PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH))
15370004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan suatu tujuan yang penting untuk dicapai suatu negara. Di Indonesia sendiri kata kesejahteraan tertuang dalam alenia ke-empat Pembukaan Undang-Undang Dasar NKRI tahun 1945 juga tertuang dalam sila ke-5 Pancasila. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya dengan menumbuhkan iklim ekonomi yang baik bagi masyarakat. Segala hal di giatkan untuk menumbuhkan perekonomian seperti melakukan perjanjian ekonomi di dalam dan luar negeri. Tentunya peran pemerintah menjadi sangat penting sebagai leading sector (pembuat kebijakan). Diharapkan masyarakat akan lebih berdaya sehingga pertumbuhan ekonomi akan mengalami kemajuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara dan pengamatan lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris. Sumber data yang digunakan berupa sumber data Primer yang berasal dari wawancara dan Keputusan Kepala Desa Kuncen No. 5 Tahun 2019 tentang Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kuncen (LPPD). Sementara sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal, penelitian terdahulu serta data-data yang terkait dengan penelitian ini.Penelitian ini mengkaji tentang peran Pemerintah Desa dalam pemberdayaan UMKM di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro dalam perspektif maslahah mursalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kebijakan pemberdayaan UMKM di Desa Kuncen melalui Keputusan Kepala Desa Kuncen No. 5 Tahun 2019 tentang Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kuncen (LPPD) dalam realisasinya sejalan dengan maslahah mursalah, dimana materi dalam peraturan tersebut mengatur tentang pengembangan kelompok simpan pinjam, mengupayakan kerja sama dengan pemodal pasar dan sumber bahan baku dan upaya pengingkatan keterampilan usaha melalui pelatihan kewirausahaan merupakan program yang mengarahkan pada kemaslahatan bagi masyarakat desa dalam upaya membangun kesejahteraan masyarakat. Namun dalam realisasinya, peran Pemerintah Desa Kuncen masih iii belum optimal karena masih banyaknya masyarakat khususnya pelaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD PATTIROY, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa, Pemberdayaan UMKM, Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Dec 2019 14:43
Last Modified: 30 Dec 2019 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum