BIMBINGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA DISABILITAS KELAS X DI MAN 2 SLEMAN

Zakka Nurlatifah Khasanah, NIM. 17200010165 (2019) BIMBINGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA DISABILITAS KELAS X DI MAN 2 SLEMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA DISABILITAS KELAS X DI MAN 2 SLEMAN)
17200010165_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA DISABILITAS KELAS X DI MAN 2 SLEMAN)
17200010165_BAB-II_III_-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah bimbingan teman sebaya terhadap siswa dengan disabilitas kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program bimbingan teman sebaya dan bidang materi kegiatan bimbingan teman sebaya terhadap siswa dengan disabilitas kelas X di MAN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, siswa konselor sebaya dan peserta bimbingan teman sebaya siswa dengan disabilitas kelas X. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bimbingan teman sebaya terhadap siswa dengan disabilitas kelas X di MAN 2. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan teman sebaya terhadap siswa dengan disabilitas kelas X dilakukan melalui dua cara, yakni interaksi terstruktur atau kelas ialah interaksi yang terjadi secara terjadwal dan dilakukan melalui pendampingan secara langsung oleh guru bimbingan konseling dalam suatu forum yang dibentuk secara formal dan interaksi tidak terstruktur atau non kelas ialah interaksi yang berlangsung secara spontan tanpa pendampingan langsung oleh guru bimbingan konseling yang dibentuk secara informal. Sedangkan bidang materi kegiatan mencakup bidang pribadi, bidang sosial, bidang belajar dan bidang karir. Pemberian materi pada bidang layanan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan siswa dengan disabilitas kelas X di MAN 2 Sleman, yang bertujuan agar mereka mampu memahami dan mengembangkan potensi diri yang dimilikinya secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, BSW., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Teman Sebaya, Siswa Dengan Disabilitas
Subjects: DISABILITAS
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Dec 2019 09:45
Last Modified: 31 Dec 2019 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum