ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI SELULOLITIK DARI SERASAH DAUN Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA JANGKARAN KULON PROGO

Tita Anggi Pintari, NIM. 15640033 (2019) ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI SELULOLITIK DARI SERASAH DAUN Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA JANGKARAN KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI SELULOLITIK DARI SERASAH DAUN Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA JANGKARAN KULON PROGO)
15640033_BAB I_BAB_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ISOLASI DAN KARAKTERISASI FUNGI SELULOLITIK DARI SERASAH DAUN Rhizophora mucronata ASAL HUTAN MANGROVE WANATIRTA JANGKARAN KULON PROGO)
15640033_BAB II_S. D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pohon mangove merupakan penyumbang utama biomassa selulosa di lingkungan pesisir laut dan fungi berperan penting dalam degradasi biomassa tersebut. Oleh karena itu, kemelimpahan biomassa tersebut mengindikasikan adanya kemelimpahan fungi saprofit selulolitik yang dapat menjadi sumber potensial penghasil enzim selulase. Penelitian mengenai kemelimpahan dan keanekaragaman fungi telah banyak dilakukan, namun sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai fungi selulolitik yang bersumber dari serasah daun mangrove di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi dan identifikasi fungi selulolitik dari serasah daun Rhizophora mucronata. Tahapan penelitian ini meliputi pengambilan sampel serasah daun Rhizophora mucronata dari Hutan Mangrove Wanatirta, isolasi fungi selulolitik dengan teknik pengisolasian tidak langsung pada media selektif CMC, purifikasi isolat pada media PDA, skrining isolat fungi selulolitik dengan pengukuran zona bening dan penentuan indeks selulolitik, dan karakterisasi fungi selulolitik secara makroskopis dan mikroskopis yang dilanjutkan dengan identifikasi menggunakan metode profile matching. Pengujian terhadap 19 isolat fungi menunjukkan bahwa 11 isolat positif bersifat selulolitik yaitu isolat A12B, A21B, A23B, A32B, A33B, F21K, B11B, B22B, C12B, B12B, dan B23B yang secara berurutan masing-masing diidentifikasi sebagai anggota genus Pestalotia, Cladosporium, Dactylella, Cladosporium, Fusarium, Dimargaris, Penicillium, Fusariella, Aureobasidium, Penicillium, dan Aspergillus. Isolat B12B yang termasuk genus Penicillium menunjukkan aktivitas selulolitik tertinggi dengan indeks selulolitik sebesar 1,41.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erny Qurotul Ainy, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: fungi selulolitik, indeks selulolitik, enzim selulase
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 10:31
Last Modified: 02 Jan 2020 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum