PEMODELAN MATEMATIKA BEKAM TERHADAP PENYAKIT DIABETES DAN ANALISIS STATISTIK PENGARUH BEKAM TERHADAP TEKANAN DARAH, GULA DARAH, ASAM URAT, DAN KOLESTEROL

MUHAMMAD RODHAM ROBBINA, NIM. 15610001 (2019) PEMODELAN MATEMATIKA BEKAM TERHADAP PENYAKIT DIABETES DAN ANALISIS STATISTIK PENGARUH BEKAM TERHADAP TEKANAN DARAH, GULA DARAH, ASAM URAT, DAN KOLESTEROL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN MATEMATIKA BEKAM TERHADAP PENYAKIT DIABETES DAN ANALISIS STATISTIK PENGARUH BEKAM TERHADAP TEKANAN DARAH, GULA DARAH, ASAM URAT, DAN KOLESTEROL)
15610001_BAB-I-VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN MATEMATIKA BEKAM TERHADAP PENYAKIT DIABETES DAN ANALISIS STATISTIK PENGARUH BEKAM TERHADAP TEKANAN DARAH, GULA DARAH, ASAM URAT, DAN KOLESTEROL)
15610001_BAB-II_sampai_BAB-V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Bekam adalah terapi pengobatan yang mudah, murah, dan efektif. Di Tiongkok bekam menjadi terapi pengobatan resmi yang diterapkan di rumah sakit. Jauh berabad-abad lalu Rasulullah Muhammad SAW sudah menerapkan bekam sebagai terapi pengobatan yang menjadi sunnah bagi kaum muslim, dan sekarang banyak penelitian yang membuktikan terapi pengobatan yang disunnahkan Rasulullah SAW 14 abad lalu memiliki manfaat yang luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan efektivitas terapi bekam dalam menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol, dan juga untuk menunjukan pengaruh bekam terhadap model matematika penyakit diabetes. Sampel dipilih secara acak sebanyak 21 orang untuk menjadi responden penelitian ini. Responden diberikan tes tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol sesaat sebelum terapi bekam dan satu pekan setelah terapi bekam. Hasilnya terjadi penurunan baik tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pengaruh terhadap model matematika penyakit diabetes juga memperlihatkan pada simulasi bekam mampu menurunkan laju perubahan kadar glukosa dalam darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sugiyanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: al-hijamah, bekam, penyakit kardiovaskular, hematologi, pemodelan diabetes
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 13:47
Last Modified: 02 Jan 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum