Structural Equation Modeling (SEM) Menggunakan Alternatif Partial Least Square (PLS) dengan Indikator Reflektif (Studi Kasus: Faktor-Faktor Kemiskinan di Indonesia pada Tahun 2018)

SITI MUTMAINNATUS SHOLIHAH, NIM. 15610023 (2019) Structural Equation Modeling (SEM) Menggunakan Alternatif Partial Least Square (PLS) dengan Indikator Reflektif (Studi Kasus: Faktor-Faktor Kemiskinan di Indonesia pada Tahun 2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (Structural Equation Modeling (SEM) Menggunakan Alternatif Partial Least Square (PLS) dengan Indikator Reflektif (Studi Kasus: Faktor-Faktor Kemiskinan di Indonesia pada Tahun 2018))
15610023_BAB 1_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Other (Structural Equation Modeling (SEM) Menggunakan Alternatif Partial Least Square (PLS) dengan Indikator Reflektif (Studi Kasus: Faktor-Faktor Kemiskinan di Indonesia pada Tahun 2018))
15610023_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Structural equation Modeling (SEM) merupakan teknik analisis multivariat yang dikembangkan guna menutupi keterbatasan yang dimiliki oleh model-model analisis sebelumnya. Namun structural equation modeling memiliki beberapa asumsi yang harus dipenuhi dan seringkali jika menggunakan data real di lapangan asumsi-asumsi itu terlanggar, sehingga diperlukan suatu metode yang bebas asumsi, bebas distribusi dan fleksibel yaitu metode structural equation modeling alternatif yang berbasis varians atau sering disebut dengan Partial Least Square (PLS). Partial least square merupakan suatu metode estimasi yang berfokus untuk memkasimumkan varians diantara variabel laten. Pada penelitian ini, penulis meneliti tentang structural equation modeling menggunakan alternatif partial least square dengan indikator reflektif terhadap faktor-faktor kemiskinan di Indonesia pada tahun 2018. Indikator reflektif merupakan indikator yang dipengaruhi variabel laten. Adapun hasil dari output SmartPLS 3.0 bahwa evaluasi outer model menunjukkan semua variabel indikator yang terboboti pada setiap variabel laten adalah valid dan reliabel. Begitupun dengan evaluasi inner model yang menghasilkan nilai Q-Square yang baik dengan hasil model struktural yang menyatakan bahwa variabel ekonomi, SDM dan pendidikan berpengaruh negatif terhadap variabel kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Indikator Reflektif, Partial Least Square (PLS) dan Structural equation Modeling (SEM).
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Jan 2020 15:05
Last Modified: 02 Jan 2020 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum