KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Bagus Darmawan M, NIM : 14480079 (2019) KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480079_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA UNTUK MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
14480079_BAB-11_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB)

Abstract

Bagus Darmawan,“Kerjasama Guru dan Orang Tua untuk Menumbuhkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Condongcatur”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Dalam menciptakan karakter yang disiplin dalam diri peserta didik upaya guru saja pun tidaklah cukup, maka perlunya ada kerjasama dari pihak lain yang bersangkutan seperti halnya orang tua dan lingkungan sekitar. Kerjasama antara guru dan orang tua untuk menumbuhkan kedisiplinan peserta didik di SD Muhammadiyah Condongcatur ini bisa berjalan secara baik, bila mana adanya sinergi bersama antara pihak guru dan pihak orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik, sehingga tidakada lagi perbedaan persepsi atau perbedaan pemikiran antara keduanya dalam mendidik anak menjadi disiplin. Bentuk kerjasama yang dilakukan SD Muhammadiyah Condongcatur untuk menumbuhkan kedisiplinan peserta didik dengan cara mendirikan perkumpulan orang tua dan guru, melakukan sosialisasi peraturan yang harus ditaati oleh seluruh peserta didik, menerima kritik dan saran dari orang tua, menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah dan melakuan kunjungan ke rumah orang tua peserta didik bilamana itu di perlukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah wali kelas, peserta didik kelas V dan orang tua. Teknik pengumpulan data yanag digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian adalah reduksing data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Penelitian ini menggunakan penelitian teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Kerja sama antara guru dan orang tua sudah berjalan dengan baik namun masih ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi dan dilengkapi agar bentuk kerjasama antara guru dan sekolah berjalan jauh lebih baik lagi, di tinjau dari teori Thomas Lickona yang mengatakan ada 20 cara untuk membangun kerjasa guru dengan orang tua, SDM Condongcatur masih menjalankan 10 cara untuk membangun kerjasa guru dengan orang tua dan dari sepuluh cara yang sudah dilakukan tersebut ada beberapa cara yang belum berjalan secara sempurna dan masih perlu perbaikan lagi terutama aspek membuat PR keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Guru dan Orang Tua, Kedisiplinan Peserta didik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2020 10:32
Last Modified: 03 Jan 2020 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum