Ariny Hirza Fauziyah, NIM: 15480004 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
15480004_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
15480004_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (889kB) |
Abstract
Ariny Hirza Fauziyah, “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Peserta didik kelas V SDIT Salsabila 3 mengalami kesulitan pada fokus dalam pembelajaran dengan metode yang kurang bervariasi sehingga prestasi belajar mereka kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Jenis yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik pada 4 kelas VA, B, C dan D SDIT Salsabila 3 Banguntapan Yogyakarta dengan jumlah 96 anak. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampling purpose dan dipilih peserta didik kelas VB sebanyak 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian diuji tingkat kesukaran, daya beda, validitas dan reliabilitasnya. Koefisien reliabilitas= 0,921. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik parametrik yaitu uji-t independent (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji- t (independent samples t-test) yang menyatakan nilai thitung > ttabel (12,449>1,708) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), db = 24 dengan nilai P-value sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Reward, Penelitian Eksperimen, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 08:22 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 08:22 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37219 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |