UPAYA MENINGAKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

Qisthi Nur Fianafis, NIM: 15480010 (2019) UPAYA MENINGAKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGAKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA)
15480010_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGAKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CONTRACT KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA)
15480010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (939kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan menggunakan strategi learning contract pada dalam pembelajaran tahfidz di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (2) apa saja hambatan dan faktor pendukung penerapan strategi learning contract dalam pembelajaran tahfidz di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. (3) bagaimana peningkatan tanggung jawab belajar siswa setelah diterapkan strategi learning contract dalam pembelajaran tahfidz kelas IV SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan sikap tanggung jawab belajar siswa, (2) adanya peningkatan nilai sikap tanggung jawab belajar siswa diatas KKM 75 yang mencapai 80% dari jumlah siswa yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan strategi learning contract pada mata pelajaran tahfidz dilaksanakan dengan tahapan yaitu mengingat perolehan hafalan yang dicapai, membuat target hafalan yang akan dilakukan selama pembelajaran dikelas, memberikanwaktu kepada siswa untuk mempersiapkan membuat hafalan baru,setorkan hafalan, pemberikan reward bintang kepada siswa yang berhasil melaksanakan target hafalan. Hambatan dalam penerapan strategi learning contract: siswa tidak mau membuat hafalan, kondisi kelas yang tidak kondusif, siswa belum bisa membaca Al- Qur'an, siswa tidak lancar setoran. Faktor pendukung pelaksanaan strategi learning contract: siswa sudah bisa lancar membaca Al-Qur'an, siswa sudah menghafalkan hafalan dirumah, istiqomah/kesinambungan. Hasil penelitian pada pratindakan menunjukkan sikap tanggung jawab siswa menunjukkan persentase sebesar 42,70%. Siklus I mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 71.24%, dan siklus II meningkat lebih sedikit dengan persentase sebesar 79.39 %. Sedangkan nilai sikap tanggung jawab belajar siswa yang diatas KKM 75 mencapai lebih dari 80 % yaitu 13 dari 16 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs Mangung Budiyanto M. S.I.,
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Belajar, Pembelajaran Tahfidz, Strategi Learning Contract
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:19
Last Modified: 07 Jan 2020 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum