PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS III A SD N CEBONGAN MLATI SLEMAN

Dwi Yulianto, NIM: 15480039 (2019) PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS III A SD N CEBONGAN MLATI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS III A SD N CEBONGAN MLATI SLEMAN)
15480039_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS III A SD N CEBONGAN MLATI SLEMAN)
15480039_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman sikap Nasionalisme pada siswa kelas III A di SD N Cebongan yang dilakukan oleh guru pengajar ataupun guru wali kelas. Fokus penelitian ini adalah meneliti penanaman sikap Nasionalisme di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran serta faktor pendukung dan juga faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru wali kelas III A, dan perwakilan siswa kelas III A. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Cebongan telah melakukan pelaksanaan penanaman sikap Nasionalisme di dalam dan di luar pembelajaran. Penanaman sikap Nasionalisme di dalam pembelajaran diantaranya dilakukan dengan menyanyikan lagu wajib nasional, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, permainan tradisional pada mata pelajaran PJOK, kerja bakti setelah mata pelajaran PJOK, dan guru menyelipkan beberapa sikap yang mencerminkan Nasionalisme pada siswa ketika di dalam kelas. Sedangkan penanaman sikap Nasionalisme di luar pembelajaran dilakukan dengan cara, upacara bendera hari Senin dan hari besar lainnya, dan kegiatan ekstrakulikuler seperti silat, pramuka, dan tari. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sikap keluarga yang mensupport kegiatan-kegiatan di sekolah dan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah keberagaman sifat siswa yang bermacam- macam dan media pembelajaran yang belum digunakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: penanaman sikap Nasionalisme, faktor pendukung dan faktor penghambat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:21
Last Modified: 08 Jan 2020 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum