MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN AL- QUR’AN DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Isnaini Putri Rosyida, NIM : 15480040 (2019) MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN AL- QUR’AN DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN AL- QUR’AN DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
15480040_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN AL- QUR’AN DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
15480040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan peneliti akan kurangnya kesadaran dari masyarakat terhadap pendidikan agama terutama pendidikan al- Qur‟an. Masih banyak pemuda yang belum mampu membaca al-Qur‟an dengan baik. Selain itu, adanya program tahsin al-Qur‟an di sekolah formal yang merupakan kegiatan tambahan atau ekstrakurikukuler masih belum cukup menarik minat peserta didik dan orang tua untuk ikut serta dalam program tesebut. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya yakni belum sesuainya pengelolaan atau manajemen dari program tersebut sehingga pelaksanaannya belum maksimal dan tidak cukup mampu menarik perhatian peserta didik dan orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang peneliti lakukan di MIN 1 Bantul Yogyakarta mengenai manajemen pengelolaan dari program tahsin al-Qur‟an yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Tekni pengambilan data dari penelitian ini yakni menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yakni dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksanaan keabsahan data yakni dengan cara trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen yang diterapkan dalam program tahsin al-Qur‟an di MIN 1 Bantul yakni melalui tiga tahap: (a) perencanaan dengan mengadakan rapat kerja di awal tahun ajaran baru, pembagian blanko pendaftaran kepada wali murid, penentuan kelompok dan timhufadz, dan pelaksanaan pre test. (b) Pelaksanaan. Pelaksanaan dari program tersebut diserahkan pada masing-masing pengampu yakni dengan menggunakan 2 metode, sorogan dan klasikal. (c) Evaluasi. Yakni dengan melakukan evaluasi terhadap metode yang digunakan oleh masing-masing hufadz setiap satu semester sekali. Untuk penilaian akan dimasukkan pada nilai rapor pada kolom ekstrakurikuler. (2) kendala dalam pelaksanaan program tersebut yakni kedatangan peserta didik yang tidak serempak, kurangnya komitmen dari pengampu, kemampuan peserta didik yang berbea-beda, semangat peserta didik yang berbeda-beda. (3) Hasil dari manajemen program tahsin al-Qur‟an yang dilaksanakan di MIN 1 Bantul Yogyakarta yakni: masih terdapat peserta didik yang belum bisa membaca al-Qur‟an dengan lancar walaupun sudah mengikuti program tersebut selama 3 tahun. Dari jumlah peserta sebanyak 47 masih terdapat 4 peserta didik yang menapat nilai di bawah batas minimal, yakni 8,5% dari jumlah peserta didik kelas III yang mengikuti program tahsin al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd, I., M.A,
Uncontrolled Keywords: Program Tahsin al-Qur’an Dan Manajemen Pelaksanaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:42
Last Modified: 08 Jan 2020 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum