PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN NILAI CINTA BUDAYA JAWA DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Linda Putri Lestari, NIM.: 15480044 (2019) PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN NILAI CINTA BUDAYA JAWA DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN NILAI CINTA BUDAYA JAWA DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15480044_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN NILAI CINTA BUDAYA JAWA DI SDN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15480044_BAB-II_SAMPAI-IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Setiap warga negara berkewajiban untuk mencintai budaya negaranya, karakter nilai cinta budaya merupakan turunan dari salah satu dari 18 nilai karakter yang harus dimiliki anak bangsa yaitu cinta tanah air, setiap warga negara Indonesia diharapkan memiliki nilai cinta terhadap budaya karena setiap warga negara Indonesia berkewajiban untuk menjaga kelestarian budayanya, nilai cinta budaya hendanknya ditanamkan kepada seluruh anak bangsa sejak duduk di bangku sekolah dasar, salah satu budaya Indonesia adalah karawitan Jawa dimana penanaman nilai cinta budaya kepada anak dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan Jawa di SDN Wirokerten dan bagaimana bentuk nilai cinta budaya anak dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa di SDN Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta, variabel dari penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan sebagai sarana penanaman nilai cinta budaya Jawa dan bentuk nilai cinta budaya anak di SDN Wirokerten dalam kegiatan ekstrakurikuler Karawitan Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Penganalisisan data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji trianggulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, program ekstrakurikuler Karawitan Jawa di SDN Wirokerten sudah ix berjalan dengan baik dandapat dikatan sebagai sarana penanaman nilai cinta Budaya Jawa. Perencanaan dan cara guru menguasai siswa dalam menumbuhkan minat siswa dalam belajar karawitan sangat baik untuk mengajak siswa memiliki sikap cinta budaya. Bentuk nilai cinta budaya pada anak dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan Jawa sangat baik ditunjukkan dari rasa ingin tahu, antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan karawitan. Program ekstrakurikuler Karawitan Jawa Di SDN wirokereten dilaksanakan setiap hari senin dari jam 12.30-15.00, kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini hanya wajib untuk kelas 4 dan 5 yang berjumlah 83 peserta, program ekstrakurikuler karawitan di SDN Wirokerten sangat berperan dalam menanamkan nilai cinta budaya pada siswa. Hal ini ditunjukan olehguru yang berhasil memenuhi beberapa indikator antara lain pemahaman guru terhadap peserta didik, Perancangan pembelajaran, Kemampuan mengembangkan potensi peserta didik, Kemampuan memotivasi siswa dalam pembelajaran, dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS,.M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Karawitan Jawa, Cinta Budaya.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 09:37
Last Modified: 08 Jan 2020 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum