IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KERJO LOR NGADIROJO WONOGIRI

Clara Ayu Setya Kurniawati, NIM. 15480052 (2019) IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KERJO LOR NGADIROJO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KERJO LOR NGADIROJO WONOGIRI)
15480052_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KERJO LOR NGADIROJO WONOGIRI)
15480052_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Guru kelas V SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri dalam proses pembelajaran tematik belum menggunakan alat peraga dan sarana penunjang yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui implementasi media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V 2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 59 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dokumentasi, tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar kuesioner dan lembar tes. Instrumen tes beupa soal pilihan ganda dan lembar kuesioner melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data dengan uji statistik t dan uji statistik f. Hasil penelitian ini adalah: 1) implementasi media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri berdasarkan hasil pengujian pengimplementasian media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa nilai F adalah 44.200 yang berarti lebih besar dari Ftabel sebesar 0,003 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 2) hasil belajar siswa tahap pertama dan tahap kedua mengalami kenaikan secara signifikan dengan hasil pengujian statistik dengan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, media kahoot, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 10:25
Last Modified: 08 Jan 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum