KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL (STUDI KASUS PADA ANAK AUTIS)

Raudya Nur Tuzzahra, NIM : 15480061 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL (STUDI KASUS PADA ANAK AUTIS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL (STUDI KASUS PADA ANAK AUTIS))
15480061_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL (STUDI KASUS PADA ANAK AUTIS))
15480061_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan modal utama dalam kehidupan bermasyarakat termasuk anak autis. Dalam pengembangannya guru harus mampu meniptakan pembelajaran yang menyenangkan, hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak autis di kelas II SD Jogja Green School, serta faktor apa saja yang mampu mendukung dan menghambat kreativitas guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pendekatan studi kasus, dengan mengambil obyek penelitian kreativitas guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah kreativitas guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak autis berdasarkan rancangan pendidikan yang didesain dalam wekkly, pelaksanaan pembelajaran kreativitas guru terlihat dalam penggunaan metode dan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran guru menggunakan paper party. Kreativitas non-aptitude guru terlihat dalam kerjasama, partisipasi, komunikasi dan validasi. Faktor yang mempengaruhi kreativitas guru diantaranya ialah, panggilan hati dalam mengajar, managemen waktu, kondisi emosi guru dan kondisi emosi peserta didik, dan cuaca. Usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas guru ialah dengan melakukan sharing, belajar melalui media, belajar dari orang yang lebih ahli di bidangnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, M. S. I.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, interpersonal, autis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:03
Last Modified: 09 Jan 2020 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum