PERILAKU AGRESIF ANAK DISEBABKAN ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI SD NEGERI DELEGAN 3 PADUKUHAN POLANGAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Dita Ratna Sari, NIM: 15480065 (2019) PERILAKU AGRESIF ANAK DISEBABKAN ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI SD NEGERI DELEGAN 3 PADUKUHAN POLANGAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERILAKU AGRESIF ANAK DISEBABKAN ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI SD NEGERI DELEGAN 3 PADUKUHAN POLANGAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
15480065_BAB-I_ATAU_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU AGRESIF ANAK DISEBABKAN ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI SD NEGERI DELEGAN 3 PADUKUHAN POLANGAN SUMBERHARJO PRAMBANAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
15480065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Di SD Negeri Delegan 3 terdapat anak yang berperilaku agresif disebabkan orang tua merantau. Kesibukan orang tuanya merantau ini menyebabkan anak tersebut kekurangan perhatian karena seluruh pengasuhan dan didikannya diserahkan kepada pengasuh yaitu neneknya. Sehingga kurangnya bimbingan dan didikan dari orang tua ini menyebabkan anak berperilaku agresif. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perilaku agresif anak di sekolah. (2) Untuk mengetahui dampak perilaku agresif terhadap dirinya sendiri dan teman disekitarnya. Jenis penelitian ini adalah studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai sejak bulan April hingga Mei 2019 dengan subyek wali kelas IV SD Negeri Delegan 3, nenek dari anak berperilaku agresif, dan teman sekelasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan moodel dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perilaku agresif anak di sekolah disebabkan orang tua merantau ini ada empat bentuk, yaitu agresif fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan. Agresif fisik yang dilakukan berupa memukul, mendorong, mencekik, menendang, menjegal, melempar gunting. Agresif secara verbal yang diucapkan berupa kata hinaan, kata-kata kasar dan kotor, dan umpatan. Kemarahan yang ditunjukkan jika anak agresif tidak mencapai tujuannya ialah ancaman, menggebrak meja, berteriak dan melempar pulpen. Permusuhan dalam penelitian ini tidak terlihat karena anak agresif ini tidak menunjukkan iri hati atau cemburu kepada orang lain. (2) Dampak yang ditimbulkan dari perilaku agresif untuk dirinya sendiri antara lain dijauhi oleh temannya, dicap sebagai anak yang membangkang, nakal, dan tidak sopan, mempunyai prestasi yang rendah. Sedangkan dampak perilaku agresif untuk teman disekitarnya antara lain merugikan teman yang menjadi korban dan membuat siswi perempuan ketakutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif, Orang Tua, Merantau
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:12
Last Modified: 09 Jan 2020 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37288

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum