PENGARUH PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANTUL

Ichyari Fatata Nuriana, NIM.: 15480070 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANTUL)
15480070_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANTUL)
15480070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Kalijaga Yogakarta, 2019. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen, komponen utama dalam sebuah pembelajaran adalah peserta didik yang berkedudukan sebagai subyek, dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Adapun metode pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan metode field trip, metode field trip adalah jenis metode belajar di luar kelas dengan asyik dan menyenangkan sehingga metode ini dirasa akan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN 1 Bantul. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui adakah pengaruh metode field trip terhadap minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di MIN 1 Bantul, dan (2) Mengetahui berapa besar sumbangan pengaruh metode field trip terhadap minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di MIN 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian pre experimental ini yaitu one grup prescale – postscale. Siswa kelas V MIN 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019 adalah populasi penelitian. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas V C dengan jumlah 27 siswa. . Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, kuesioner/angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode field trip terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MIN Satu Bantul, (2) Besar Sumbangan pengaruh metode field trip terhadap minat belajar di MIN 1 Bantul. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 9.635 > 1.671 dengan nilai P = 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan hipotesis penelitian Ha dinyatakan diterima. Penggunaan metode field trip memiliki sumbangan pengaruh sebesar 0,788 (78%) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.P.d
Uncontrolled Keywords: Field Ttrip, Minat Belajar, Siswa Kelas V MI.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:43
Last Modified: 09 Jan 2020 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum