EKSPERIMEN PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 2 TAHUN AJARAN 2018/2019

Riyan Fajriyani, NIM. 15480075 (2019) EKSPERIMEN PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 2 TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMEN PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 2 TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480075_ BAB I_ V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMEN PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MA’ARIF GIRILOYO 2 TAHUN AJARAN 2018/2019)
15480075_BAB II_ III_ IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media flipchart dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelompok eksperimen (menggunakan flipchart dan course review horay) dan kelompok kontrol dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Ma‟arif Giriloyo 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif atau biasa disebut dengan eksperimen semu. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan flipchart dan course review horay diawali dengan penyajian materi melalui flipchart, membentuk kelompok, membuat 9 kotak yang diisi nomor soal, peneliti membacakan soal satu per satu, siswa mendiskusikan jawaban, peneliti dan siswa mendiskusikan jawaban yang benar, membunyikan yel-yel bagi yang menjawab benar, kemudian reward, (2) berdasarkan hasil uji independent samples t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 di mana 0.000 < 0.05 sehingga data dinyatakan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara motivasi belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam pembelajaran bahasa Arab. Selanjutnya, setelah dilakukan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain persen sebesar 57% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media flipchart dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembeajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, Media flipchart, Model pembelajaran kooperatif tipe CRH, Motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 14:54
Last Modified: 09 Jan 2020 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum