BULLYING VERBAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KUNCEN CEPER KLATEN

Putri Rositaningsih, NIM. 15480109 (2019) BULLYING VERBAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KUNCEN CEPER KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BULLYING VERBAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KUNCEN CEPER KLATEN)
15480109 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BULLYING VERBAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KUNCEN CEPER KLATEN)
15480109 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Putri Rositaningsih, “Bullying Verbal Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Diri Kelas V di SD Negeri 1 Kuncen Ceper Klaten”, Yogyakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Bullying dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah penindasan verbal dapat berupa julukan nama, celaan, fitnah, kritik kejam, penghinaan baik yang bersifat pribadi maupun rasial, dan pernyataan-pernyataan bernuansa ajakan seksual atau pelecehan seksual. Hal inilah yang terjadi di kelas V SDN 1 Kuncen, Ceper, Klaten dimana peneliti menjumpai siswa yang melakukan beberapa penindasan-penindasan verbal seperti berupa julukan nama panggilan buruk, mengumpat dengan kata-kata kasar, dll. Ketika anak mengalami bullying verbal di masa ini (pra-remaja hingga remaja), maka rasa percaya diri anak akan menurun. Anak bisa jadi malas sekolah, terhambat pergaulannya atau timbul stres. Akibatnya, eksplorasi anak berkurang dan menghambat kemajuan mereka. Untuk itu peneliti akan melakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) Untuk menyebutkan apa saja bentuk Bullying Verbal siswa kelas V di SD Negeri 1 Kuncen Ceper Klaten dan 2) Untuk menganalisis dampak Bullying Verbal terhadap Kepercayaan Diri siswa kelas V di SD Negeri 1 Kuncen Ceper Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif di SD Negeri 1 Kuncen Ceper Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun menjadi subyek penelitian yaitu siswa kelas V(yang melakukan dan menjadi korban Bullying Verbal), guru kelas, kepala sekolah dan orang tua siswa. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah perilaku Bullying Verbal dan Kepercayaan Diri. Metode untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan oleh peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu dengan cara menggabungkan berbagai teknik dan sumber data yang peneliti peroleh dari lapangan. Peneliti menemukan lima bentuk bullying verbal yang dilakukan oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen, Ceper, Klaten, yaitu : memberi nama panggilan buruk, mengejek, mengintimidasi, mengumpat dengan kata-kata kasar dan Menyoraki. Dampak yang ditimbulkan oleh bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen, Ceper, Klaten, yakni dibagi menjadi dua, sebagai berikut: 1) Dampak positif yang ditimbulkan dari bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen, Ceper, Klaten, yakni siswa menjadi siswa yang bertanggung jawab. 2) Dampak negatif yang ditimbulkan dari bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen, Ceper, Klaten, yakni siswa menjadi siswa yang memiliki rasa pesimis, tidak rasional dan tidak realistis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi, MA.
Uncontrolled Keywords: Bullying, Verbal, Kepercayaan Diri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:40
Last Modified: 13 Jan 2020 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum