TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM FLUKTUASI HARGA JUAL BELI TIKET PESAWAT UDARA ( STUDI KASUS DI BUANA TOUR AND TRAVEL KULON PROGO )

ISNAENI SOLIKHATUNISA, NIM. 12380027 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM FLUKTUASI HARGA JUAL BELI TIKET PESAWAT UDARA ( STUDI KASUS DI BUANA TOUR AND TRAVEL KULON PROGO ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM FLUKTUASI HARGA JUAL BELI TIKET PESAWAT UDARA ( STUDI KASUS DI BUANA TOUR AND TRAVEL KULON PROGO ))
12380027_ BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM FLUKTUASI HARGA JUAL BELI TIKET PESAWAT UDARA ( STUDI KASUS DI BUANA TOUR AND TRAVEL KULON PROGO ))
12380027_BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Buana Tour and travel merupakan sebuah agen tiket pesawat udara yang menggunakan sistem pelayanan kepada konsumen secara manual. Dari cara menetapkan harga, mengurus dokumen hingga mencetak e-tiket semua dilakukan secara manual. Akan tetapi pada kenyataan di lapangan harga tiket pesawat udara mengalami fluktuasi yang terjadi pada setiap detiknya sehingga penetapan harga tiket pesawat dengan harga yang tidak sesuai pada sistem yang tertera pada sistem sangat mungkin terjadi. Dalam hal tersebut terjadi ketidakadilan terhadap pihak pembeli karena keterbatasan informasi yang diberikan oleh pihak agen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini ialah bagaimana sistem pengambilan keuntungan yang dilakukan oleh Buana Tour and Travel dan bagaimana pandangan hukum islam terhadap sistem pengambilan keuntungan yang dilakukan oleh Buana Tour and Travel dalam menjualkan tiket pesawat udara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Data primer dikumpulka dari hasil wawancara. Sementara untuk pengolahan datanya sendiri dilakukan melalui editing dan sistematis data dan analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir secara induktif. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana sistem pengambilan keuntungan dalam penjualan tiket pesawat udara yang dilakukan oleh Buana Tour and travel Yogyakarta dan untuk menjelaskan pandangan hukum islam tentang sistem pengambilan keuntungan pada agen Buana Tour and travel. Berdasarkan hasil penelitian sistem penetapan harga pada agen dilakukan dengan cara dynamic pricing dan sistem pengambilan keuntungannya dilakukan dengan cara membulatkan harga tanpa adanya akad secara lisan kepada pembeli. Pengambilan keuntungan pada agen berdasarkan perspektif hukum Islam yakni bahwa fluktuasi harga terjadi setiap saat pada harga tiket pesawat udara dan hal tersebut diperbolehkan menurut hukum Islam karena termasuk gharar ringan. Sedangkan mengenai sistem pengambilan keuntungannya dengan cara membulatkan harga adalah haram, sebab tidak sesuai dengan perintah al-qur'an bahwa dalam bertransaksi disyariatkan untuk mengedepankan rela sama rela serta keterbukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. KHOLID ZULFA, M.Si
Uncontrolled Keywords: hukum islam, jual beli
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Jan 2020 14:41
Last Modified: 13 Jan 2020 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum