PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERATURAN DAERAH NO 6 TAHUN 2014 KABUPATEN PURWOREJO

FARID ABDUL BARRI, NIM. 12380028 (2019) PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERATURAN DAERAH NO 6 TAHUN 2014 KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERATURAN DAERAH NO 6 TAHUN 2014 KABUPATEN PURWOREJO)
12380028_BAB-1_IV.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL DALAM PERATURAN DAERAH NO 6 TAHUN 2014 KABUPATEN PURWOREJO)
12380028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pasar tradisional telah memasuki kondisi yang memprihatinkan. Kondisi pasar yang masih berkutat tentang masalah klasik membuat para pedagang tersingkir. Pasar yang kotor, kumuh, dan tidak nyaman sudah melekat dibenak masyarakat. Sekarang, masalahnya pun semakin bertambah dengan kemunculan toko modern jejaring alfamart dan indomaret membuat para pelaku usaha kecil di pasar tradisional semakin tidak berdaya. Peran pemerintah daerah sangat diperlukan untuk mengatur dan menata para pelaku usaha kecil maupun besar yang diharapkan mampu membangun persaingan usaha yang baik di dalam masyarakat. Penelitian ini berjudul perspektif maqashid syariah terhadap perlindungan pasar tradisional dalam perda no 6 tahun 2014 kabupaten purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analitis dengan mendiskrisikan secara mendalam mengenai objek yang diteliti dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Metode analisis data yang akan digunakan adalah analisis data deskriptif tentang sebuah produk Peraturan Daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk Peraturan Daerah No 6 Tahun 2014 tentang Perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional, penatan dan pengendalian pasar modern dalam tinjauan maqâshid syari’ah, isi Peraturan Daerah ini sudah mencakup kemaslahatan bagi pelaku usaha kecil di pasar tradisional dan para pelaku usaha toko modern. Namun, kemaslahatan para pelaku usaha keci di pasar tradisioanal yang harus didahulukan. Karena, kemaslahatan yang umum haruslah didahulukan dari pada kemaslahatan yang khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MOH. TAMTOWI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Maqashid Syariah, Peraturan Daerah, Perlindungan.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Jan 2020 14:46
Last Modified: 13 Jan 2020 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum