EFEKTIVITAS ALAT PERAGA MODEL MATRIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 02 TUNJUNGAN BLORA

ULVY NOOR FARIHA - NIM. 05430011, (2010) EFEKTIVITAS ALAT PERAGA MODEL MATRIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 02 TUNJUNGAN BLORA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS ALAT PERAGA MODEL MATRIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 02 TUNJUNGAN BLORA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS ALAT PERAGA MODEL MATRIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 02 TUNJUNGAN BLORA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas alat peraga model matrik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada pembelajaran matematika kelas II SDN Sukorejo 02 Tunjungan Blora. Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan aktivitas belajar dengan pengefektifan alat peraga model matrik dan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sukorejo 02 Tunjungan Blora yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan alat peraga model matrik dan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus. Siklus I terbagi menjadi 2 pertemuan dan siklus II menjadi 1 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa dan hasil evaluasi siswa dengan data pembanding yaitu hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil wawancara siswa, jurnal harian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui efektivitas alat peraga model matrik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT ternyata dapat meningkatkan kriteria efektivitas hasil 80 menjadi 100 dan nilai rata-rata evaluasi kelas manjadi 95,6 dari yang semula 72,8 dan dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran siswa dari kriteria efektivitas proses 61,82 menjadi 93,33.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd., Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, alat peraga model matrik, dan pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Aug 2012 20:29
Last Modified: 09 Dec 2016 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum