PEMIKIRAN POLITIK JARINGAN ISLAM LIBERAL

Maman Suratman, NIM. 11510008 (2019) PEMIKIRAN POLITIK JARINGAN ISLAM LIBERAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Other (PEMIKIRAN POLITIK JARINGAN ISLAM LIBERAL)
11510008_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Other (PEMIKIRAN POLITIK JARINGAN ISLAM LIBERAL)
11510008_BAB II_S.D._SEBELU_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Jaringan Islam Liberal (JIL) adalah komunitas Muslim liberal di Indonesia. Ia turut menggagas ide liberalisme dan demokrasi bagi perkembangan pemikiran keislaman, terutama kaitannya dengan politik, ekonomi, hingga sosial- kemasyarakatan. Sebagaimana umumnya kajian filsafat, skripsi ini didasarkan pada penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka diskriptif- analitis. Metode ini jadi instrumen menggambarkan fokus penelitian sembari mengajukan posisi atau refleksi kritis. Melalui skripsi ini, penulis berupaya menemukan konsepsi mendasar tentang bagaimana masyarakat Indonesia, terutama umat Muslim, merespons arus perubahan zaman. Di samping itu, hal ini juga akan memperkaya khazanah intelektual serta memberi warna dalam arus pemikiran politik, khususnya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Mutiullah, S.Fil.I. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Jaringan Islam Liberal (JIL) adalah komunitas Muslim liberal di Indonesia. Ia turut menggagas ide liberalisme dan demokrasi bagi perkembangan pemikiran keislaman, terutama kaitannya dengan politik, ekonomi, hingga sosial- kemasyarakatan. Sebagaimana umumnya kajian filsafat, skripsi ini didasarkan pada penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka diskriptif- analitis. Metode ini jadi instrumen menggambarkan fokus penelitian sembari mengajukan posisi atau refleksi kritis. Melalui skripsi ini, penulis berupaya menemukan konsepsi mendasar tentang bagaimana masyarakat Indonesia, terutama umat Muslim, merespons arus perubahan zaman. Di samping itu, hal ini juga akan memperkaya khazanah intelektual serta memberi warna dalam arus pemikiran politik, khususnya di Indonesia.
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Jan 2020 09:41
Last Modified: 17 Mar 2020 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum