UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

Taufiq Nahar Jami’ah, NIM.: 02411205 (2008) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Apa saja jenis-jenis penyimpangan yang dilakukan siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah I Klaten, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan siswa pada khususnya kelas XI yang ada di SMA Muhammadiyah I Klaten dan bagaimana upaya Guru agama Islam dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah I Klaten. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, metode angket dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Setelah semua data terkumpul, langkah selanjutnya adalah penganalisaan dan pengolah data. Oleh karena data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif, Untuk data kualitatif penulis menyajikan data kemudian menganalisanya dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Dalam hal ini menggunakan metode : (1) Deduktif, yaitu cara berpikir yang berangkat dari suatu pengetahuan yang sifatnya umum, dan bertitik tolak pada pengetahuan yang umum itu kita hendak menilai kejadian yang khusus. (2) Induktif yaitu cara berpikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit, kemudian ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum.Kedua metode tersebut digunakan untuk menganalisa gejala-gejala penyimpangan dan kenakalan siswa yang terjadi di SMA Muhammadiyah I Klaten melalui observasi baik secara langsung maupun tidak langsung.Untuk data kuantitatif, dianalisa dengan metode statistik.: Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penyimpangan perilaku siswa SMA Muhammadiyah I Klaten sekarang ini yang paling dominan adalah kejahatan cyber ( cybercrime), Ini terbukti sesuai data angket siswa pada tanggal 23 April 2008, korban kejahatan cyber seperti menonton film porno terbukti lebih menduduki prosentase teratas dari pada penyimpangan-penyimpangan yang lain yang terjadi di SMA Muhamadiyah I Klaten seperti tawuran / berkelahi dan membolos. (2) Faktor penyebab penyimpangan perilaku siswa SMA Muhammadiyah I Klaten dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu teori Psikogenik (kelainan perilaku yang disebabkan oleh faktor-faktor di dalam jiwa remaja itu sendiri) dan teori sosiogenik atau kelainan perilaku yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan genik) atau yang lazim keduanya disebut faktor intern dan faktor ekstern. (3) Bentuk-bentuk upaya dari guru agama (Islam), dalam usahanya, menanggulanginya dan mengatasi segala macam kendala yang terjadi dan menimpa diri siswa khususnya kelas II yang belajar di SMA Muhammadiyah I Klaten diantaranya sebagai berikut : Metode Pendekatan Personal, Metode Shock Therapy, Metode Praktek Keagamaan dan Metode Pedagogis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Susy Yunita Prabawati,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Siswa, Penyimpangan Perilaku, Guru Agama Islam
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Dec 2024 09:02
Last Modified: 12 Dec 2024 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum