PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN HIJAB DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Hijab Sampo)

Al Furqon Hudalil Muttaqin NIM : 14510007, NIM : 14510007 (2019) PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN HIJAB DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Hijab Sampo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN HIJAB DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Hijab Sampo))
14510007_BAB-I_1V-atau_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEREMPUAN MUSLIM DALAM IKLAN HIJAB DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Iklan Hijab Sampo))
14510007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan telah menciptakan satu bentuk cara pandang tersenderi yang memberikan informasi kepada dan melibatkan banyak orang. Bahkan lebih jauh dari itu iklan selalu menemukan celah dan membuat mitos agar masyarakat selalu merasa kekurangan akan kebutuhan identitas dirinya. Iklan sudah masuk kategori pengintegrasian dalam tatanan signifikasi zaman modern yang dirancang untuk memengaruhi sikap dan perilaku gaya hidup dengan secara sembunyi-sembunyi menganjurkan kepada bagaimana kita dapat memuaskan dorongan dan aspirasi terdalam. Diantara berbagai produk iklan yang bermunculan Iklan Hijab Sampo menjadi salah satu iklan yang paling massif disuguhkan Fokus pasar iklan hijab sampo sendiri ialah masyarakat kawula muda yang notabene sedang mencari identitas diri, pengakuan diri, ajang aktualisasi, hingga identifikasi pada diri sendiri, dan sebagainya. Media iklan terkesan sangat memanfaatkan situasi berkembangnya hijab untuk menarik minat konsumen agar membeli produk-produk mereka. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan bentuk penyajian diskriptif analisis kualitatif. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitaian ini berupa iklan-iklan hijab di televisi, data sekundernya berupa buku teori. Teknik pengumpulan data ini berupa pengambilan data dari iklan hijab sampo. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis iklan ini adalah dengan semiotika. Selanjutnya untuk membedah iklan-iklan hijab sampo digunakan teori Roland Barthes untuk menelaah makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini mengkaji tentang makna denotasi, konotasi dan mitos dalam iklan hijab. Penelitian ini menjelaskan mulai dari makna denotasi, konotasi dan mitos dari yang terkandung dalam iklan-iklan hijab. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil penelitian bahwa apa yang terkandung dalam scene-scene iklan hijab di televisi terdapat makna denotasi, konotasi dan mitos perempuan muslim. Mitos tentang hijab yang ditampilkan dalam iklan-iklan hijab sampo yaitu bahwa hijab adalah suatu yang menghambat aktivitas perempuan. Oleh sebab itu iklan-iklan hijab sampo menawarkan produk mereka sebagai solusi agar mereka bebas beraktivitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Robby Habiba Abror, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: PEREMPUAN MUSLIM , IKLAN HIJAB DI TV
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:41
Last Modified: 16 Jan 2020 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum