Masahamatu Mustofa Lutfi Al Manfaluti Fi Tatwir Al Adab Al Misri (dirasah Tahliliyyah Tarikhiyyah)

Dewi Anisaul Karimah, NIM. 12110099 (2019) Masahamatu Mustofa Lutfi Al Manfaluti Fi Tatwir Al Adab Al Misri (dirasah Tahliliyyah Tarikhiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Masahamatu Mustofa Lutfi Al Manfaluti Fi Tatwir Al Adab Al Misri (dirasah Tahliliyyah Tarikhiyyah))
12110099_BAB-I_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Masahamatu Mustofa Lutfi Al Manfaluti Fi Tatwir Al Adab Al Misri (dirasah Tahliliyyah Tarikhiyyah))
12110099_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sastra adalah produk peradaban yang tidak dapat dipisahkan begitu saja dari sebuah bangsa. Secara tidak langsung sastra merekam banyak peristiwa dan keadaan pada suatu peradaban sebuah bangsa. Dalam dunia Arab sendiri, sastra sudah dikenal sejak jaman jahiliyah dan terus berkembang hingga saat ini. Mulai dari bentuk puisi dengan segala keindahannya yang terikat wazan, bahr dan qafiyah, lalu muncul prosa bersajak, khutbah, amtsal, dan lain sebagainya, hingga pada masa modern yang ditandai dengan munculnya prosa bebas yang terlepas dari jinas, sajak, dan hiasan kata-kata yang tidak perlu serta munculnya puisi-puisi bebas. Salah satu pionir sastra modern yang pertama kali menulis cerita adalah Musthafa Lutfi al-Manfaluthi. Selain itu Manfaluthi juga terkenal sebagai sastrawan adaptor yang mengadopsi beberapa karya sastra barat dengan bantuan orang lain sebagai penerjemah, salah satu karyanya yaitu adaptasi dari novel ‘Sous les Tilleuls’ karya Alphonse Karr menjadi novel karyanya yang berjudul Majdulin tahun 1912, dan lain sebagainya. Selain hal unik tersebut, sastrawan besar Mesir ini juga dikenal karena gaya bahasanya yang indah , romantik dan mampu menggambarkan cerita dengan background nya yang sesuai dengan sempurna. Berangkat dari hal tersebut di atas, serta kenyataan bahwa sastrawan merupakan anak dari zamannya, dan tidak dapat terlepas dari peristiwa kehidupan pada zamannya, maka penulis memakai pendekatan historis dengan mengkaji literature sejarah yang berkaitan dengan Mustafa Lutfi al-Manfaluthi dan kontribusinya di bidang sastra di kawasan Mesir, dan berupaya untuk mendeskripsikan dengan sumber yang valid, secara kronologis, periodik dan kontinuitas, mengenai peranannya dalam perkembangan sastra Arab dikawasan Mesir; biografinya, bagaimana pemikirannya, perubahan dan pembaharuan yang dilakukannya, karya – karya sastra apa saja yang telah di karangnya dan tujuan dibalik karya-karyanya. Berdasarkan beberapa referensi dan jurnal penelitian, menunjukkan bahwa Musthafa Lutfi al-Manfaluthi merupakan nasionalis sekaligus sastrawan besar yang menjadi pelopor sastra modern di Mesir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Masahamatu Mustofa Lutfi Al Manfaluti Fi Tatwir Al Adab Al Misri (dirasah Tahliliyyah Tarikhiyyah)
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:02
Last Modified: 17 Mar 2020 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum