Qissah maghamarah Sandabad fi hikayah Alfu laylah walaylah wa tahwiliyyah ila nas masruhy li Musta'in Ahmad

Sohibul Hidayat, NIM. 12110087 (2019) Qissah maghamarah Sandabad fi hikayah Alfu laylah walaylah wa tahwiliyyah ila nas masruhy li Musta'in Ahmad. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Qissah maghamarah Sandabad fi hikayah Alfu laylah walaylah wa tahwiliyyah ila nas masruhy li Musta'in Ahmad)
12110087_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Qissah maghamarah Sandabad fi hikayah Alfu laylah walaylah wa tahwiliyyah ila nas masruhy li Musta'in Ahmad)
12110087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kisah Petualangan Sinbad merupakan karya sastra epik yang terkandung dalam Hikayat Seribu Satu Malam. Hingga dewasa kini, kisah Petualangan Sinbad telah mengalami berbagai peralihan (penyalinan, adaptasi/penyaduran, maupun penerjemahan). Alhasil, telah banyak versi Petualangan Sinbad, baik beruapa teks, film, dan sebagainya. Salah satu wujud peralihan yang ditemukan oleh penulis adalah naskah drama Sindbad, Pelayaran Ke Tujuh karya Mustain Ahmad, yang selesai ditulis pada tahun 2012 lalu. Dalam penyaduran ini, tentu ada kegiatan re-intrepretasi dari teks sumber kisah Petualangan Sinbad ke teks sasaran naskah drama Sindbad, Pelayaran Ke Tujuh. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan perubahan resepsi pembaca terhadap kisah Petalangan Sindbad dengan teori resepsi sastra dan metode resepsi diakronis, Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa esepsi pada masa perkembangan teknologi dan kebebasan dalam berekspresi serta berpendapat menunjukkan ideologi yang serba semaunya sendiri. Mustain Ahmad memunculkan resepsi berisi kritik sosial terhadap pembangunan dan kualitas kebebasan yang dianut manusia.Perubahan resepsi terjadi dari generasi ke generasi seiring dengan perubahan zaman dan perubahan horison harapan pembacanya. Kata kunci: resepsi sastra, pembaca, horison harapan, diakronis, dan semangat zaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, MA
Uncontrolled Keywords: resepsi sastra, pembaca, horison harapan, diakronis, dan semangat zaman
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2020 09:02
Last Modified: 17 Mar 2020 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum