TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF BAGI KESAKINAHAN KELUARGA (STUDI TERHADAP PASANGAN SUAMI-ISTERI ALUMNI PONDOK-PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA 2015-2019)

ACHMAD MILYUNNUR, NIM. 14350087 (2019) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF BAGI KESAKINAHAN KELUARGA (STUDI TERHADAP PASANGAN SUAMI-ISTERI ALUMNI PONDOK-PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA 2015-2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF BAGI KESAKINAHAN KELUARGA (STUDI TERHADAP PASANGAN SUAMI-ISTERI ALUMNI PONDOK-PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA 2015-2019))
14350087 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF BAGI KESAKINAHAN KELUARGA (STUDI TERHADAP PASANGAN SUAMI-ISTERI ALUMNI PONDOK-PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA 2015-2019))
14350087_ BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pernikahan adalah akad yang sangat kuat (mīṡāqan galīẓan) untuk mentaati perintah Allah SWT serta mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW dan melaksanakannya adalah ibadah. Tujuan pernikahan adalah untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Islam mengatur mekanisme pernikahan mulai dari syarat dan rukun, bahkan sampai mengatur proses menuju pernikahan tersebut secara komprehensif. Dalam melaksanakan suatu ibadah, unsur syarat dan rukun harus terpenuhi, jika salah satu darinya tidak terpenuhi maka ibadah tersebut tidak sah. Dalam proses pranikah, ada tahapan untuk saling mengenal antara calon suami dan calon istri secara mendalam. Tahapan ini dikenal dengan istilah ta’aruf. Pesantren Al-Munawwir sebagai salah satu pesantren tertua di Indonesia tentu memiliki konfigurasi tersendiri terkait pola interaksi antar santri laki-laki dan perempuan, karena mayoritas penghuni di pesantren ini adalah mahasiswa yang rata-rata telah memasuki usia nikah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan. Oleh karena itu, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara kepada subjek penelitian yang melaksanakan proses ta’aruf. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu menjelaskan sebuah kasus kemudian di analisis sehingga penelitian ini memberikan kepastian hukum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Pendekatan masalah penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-sosiologis yaitu pendekatan masalah dengan melihat kesesuaian praktek ta’aruf yang terjadi di pondok pesantren Al-Munawwir dengan norma yang tertera baik di Al-Qur’an, sunnah, maupun ijtihad ulama’, serta menganalisa praktek ta’aruf tersebut dengan menggunakan pendekatan sosiologis, khususnya sosiologi hukum Islam. Cara berfikir yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah cara berfikir induktif, di mana penulis menganalisis data mulai dari kasus-kasus yang diteliti kemudian digenerasikan pada suatu kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek ta’aruf yang dilakukan oleh pasangan alumni Pondok Pesantren Al-Munawwir secara substantif sesuai dengan aturan hukum Islam. Hal ini terjadi karena Pondok Pesantren Al-Munawwir secara sosiologis memiliki peran yang signifikan dalam membentuk pribadi santri yang sadar hukum, terutama hukum Islam. Kausalitas antara hukum Islam dan pola interaksi antar santri sangat terpengaruh oleh pengajaran yang dilakukan oleh pengasuh yang berperan sebagai cultural broker dalam pembumian hukum Islam. Pola interaksi santri di pondok pesantren ini juga sangat dipengaruhi oleh kurikulum pesantren yang membahas aqidah, muamalah dan akhlak secara komprehensif. Sehingga muncul kesadaran individu baik laki-laki maupun perempuan untuk menjaga kesucian diri, serta muncul paradigma bersama terkait etika berinteraksi dengan lawan jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YASIN BAIDI, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Ta’aruf, Keluarga Sakinah, Sosiologi Hukum Islam.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:50
Last Modified: 21 Jan 2020 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum