EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM DANA PENGUATAN MODAL (DPM) BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) BINAAN DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN SLEMAN

Siti Ayu Nida Nadiya, NIM. 15240022 (2019) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM DANA PENGUATAN MODAL (DPM) BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) BINAAN DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM DANA PENGUATAN MODAL (DPM) BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) BINAAN DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN SLEMAN)
15240022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM DANA PENGUATAN MODAL (DPM) BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) BINAAN DINAS KOPERASI DAN UKM KABUPATEN SLEMAN)
15240022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Ayu Nida Nadiya (15240022). Efektivitas Pelaksanaan Program Dana Penguatan Modal (DPM) Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Peran UKM dalam perkonomian Indonesia paling tidak dapat dilihat dari kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi diberbagai sektor, penyedia lapangan kerja, pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor. Peran UKM sering dikaitkan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi pengangguran, memerangi kemiskinan, dan pemerataan pendapatan. Oleh karena itu, kebijakan pengembangan UKM di Indonesia sering dianggap secara tidak langsung sebagai kebijakan penciptaan kesempatan kerja atau kebijakan anti kemiskinan, atau kebijakan redistribusi pendapatan. Namun UKM di Indonesia memiliki kendala dalam pengembangan usaha, hal tersebut disebabkan karena keterbatasan modal yang dimiliki. Problem tersebut ditanggapi oleh pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan yaitu dibuatnya program dana bergulir yang bersifat penguatan modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program Dana Penguatan Modal (DPM) bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan disertakan rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan program Dana Penguatan Modal (DPM) di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman telah dilakukan secara efektif. Hal ini dapat dilihat bahwa program DPM yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sleman sudah sesuai dengan tujuan dibentuknya program yaitu memberikan bantuan penguatan modal usaha terutama bagi pelaku UKM, sehingga adanya perkembangan usaha yang meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Sleman. Sasaran pelaksanaan program Dana Penguatan Modal (DPM) sudah sesuai dengan kebutuhan para pelaku UKM yang berdomisili di Kabupaten Sleman, bahwa yang mengakses pinjaman DPM adalah pelaku UKM yang membutuhkan tambahan modal usaha. Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan, Program Dana Penguatan Modal (DPM) bagi UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelaksanaan, Program Dana Penguatan Modal (DPM) bagi UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.
Subjects: Manajemen Dakwah
Pekerjaan Sosial
Wirausaha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Mar 2020 09:28
Last Modified: 24 Mar 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum