DAMPAK PERJODOHAN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI PANDANGAN NYAI PONDOK PESANTREN ROUDLATUL QUR’AN KEL. GUNUNGSIMPING KEC. CILACAP TENGAH KAB. CILACAP)

MUTIARA DWI RAHMAN, NIM. 15350020 (2019) DAMPAK PERJODOHAN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI PANDANGAN NYAI PONDOK PESANTREN ROUDLATUL QUR’AN KEL. GUNUNGSIMPING KEC. CILACAP TENGAH KAB. CILACAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERJODOHAN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI PANDANGAN NYAI PONDOK PESANTREN ROUDLATUL QUR’AN KEL. GUNUNGSIMPING KEC. CILACAP TENGAH KAB. CILACAP))
15350020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERJODOHAN TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI PANDANGAN NYAI PONDOK PESANTREN ROUDLATUL QUR’AN KEL. GUNUNGSIMPING KEC. CILACAP TENGAH KAB. CILACAP))
15350020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perjodohan adalah upaya untuk melakukan atau menyatukan kedua insan dengan salah satu pihak dengan adanya unsur suatu pemaksaan. Menurut mazhab Syafi’I perjodohan pada anak perempuan yang masih perawan dan telah baligh dan berakal dapat meminta izin kepadanya, dan diamnya anak adalah jawaban sebagai persetujuannya. Akan tetapi pada era globalisasi ini, orang tua yang kental dengan pengalaman ajaran agama masih tetap mempercayakan kepada Kyai dalam menentukan jodoh putra-putrinya. Seperti yang terjadi di daerah Cilacap masih terdapat tradisi dimana perjodohan dilakukan, maka penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana pemahaman Kyai dan Nyai di Cilacap terkait konsep perjodohan dalam perkawinan serta mendeskirpsikan dan menganalisis apakah perjodohan yang mereka pahami telah sesuai dengan hukum Islam (Fikih) dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia (KHI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi orang tua mempercayakan kepada Kyai dalam menentukan jodoh putrinya dan dampak setelah orang tua menjodohkan putri-putrinya. Pada penelitian ini, penyusun menggunakan jenis penelitian (Field Research). Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Kel. Gunungsimping Kec. Cilacap Tengah Kab.Cilacap dengan menggunakan pendekatan normatif-sosiologis. Sumber data dari penelitian ini didapatkan dari wawancara dengan Nyai yang berada di Pondok Pesantren tersebut. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak perjodohan terhadap keharmonisan keluarga menurut pandangan keluarga Nyai pondok Pesantren Roudlotul Qur’an terbagi menjadi dua, yaitu dampak negatif dan positif. Dampak positif yang terjadi adalah terciptanya keharmonisan terhadap rumah tangga, dan dampak negatif ialah perceraian yang disebabkan karena kurangnya penyesuaian kedua belah pihak. Perjodohan merupakan pernikahan yang semi pemaksaan, yang mana melanggar Kompilasi Hukum Islam Pasal 16 ayat (1) dan (2) yang menyatakan bahwa perkawinan harus didasarkan atas persetujuan calon mempelai dan Undang-Undang Perkawinan Pasal 6 ayat (1) yang menyatakan bahwa perkawinan harus dilaksanakan atas dasar persetujuan kedua calon mempelai. Beberapa dampak yang tejadi dan setelah proses perjodohan tersebut menuju keharmonisan rumah tangga yang sakinah mawaddah warraḥmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRA. HJ. ERMI SUHASTI SYAFE’I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kyai, Perjodohan, Dampak.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2020 13:48
Last Modified: 21 Jan 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum