PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN, AKSES INFORMASI, DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) UNIT MLATI SLEMAN YOGYAKARTA.

LAYYINATUL AINI MUFIDAH, NIM. 15830052 (2019) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN, AKSES INFORMASI, DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) UNIT MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN, AKSES INFORMASI, DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) UNIT MLATI SLEMAN YOGYAKARTA.)
15830052_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENDAPATAN, AKSES INFORMASI, DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) UNIT MLATI SLEMAN YOGYAKARTA.)
15830052_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determinant the effect of financial literacy, income, information access, and service to interest customers at PT. Unit Mlati Sharia Pawnshop Sleman DI Yogyakarta. The population in this study were all customer Unit Mlati Sharia Pawnshop. By using purposive sampling, 99 sample will be studied. Data is obtained from quisioner. The analytical method used in this study is to use Structural Equation Model (SEM) Smart-PLS 3.0 (Partial Least Square). The results of the study show that the finantial literacy variable has a significant positive effect with a parameter coefficient of 0.291 and a t-statistic value of 3.041, income variable has no influence with a parameter coefficient of 0.136 and a t-statistic value of 3.041, information access variable has a significant positive effect with a parameter coefficient of 0.213 and a t-statistic value of 2,275, and service variable has a significant positive effect with a parameter coefficient of 0,324 and a t-statistic value of 3.055. Research results this produces R-Square of 0.662 and the coefficient determination (Adjusted R2) amounting to 0.648 which means 64.8% of the construct interest customer could explained by the fourth variable exogenous that is literacy finance, income, access information, and service. While the remaining 35.2% is explained by other variables that are not entered in the model of equations and causes others. Keywords: SEM-PLS, Financial Literacy, Income, Information Access, Service, The Interest of customer. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pendapatan, akses informasi, dan pelayanan terhadap minat nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Mlati Sleman D.I Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Pegadaian Syariah Unit Mlati. Dengan menggunakan purposive sampling, maka didapatkan 99 sampel yang akan diteliti. Data diperoleh melalui kuisioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) Smart-PLS 3.0 (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan koefisien parameter sebesar 0.291 dan nilai t-statistik 3.041, variabel pendapatan tidak memiliki pengaruh dengan koefisien parameter sebesar 0.136 dan nilai t-statistik 1.167, variabel akses informasi memiliki pengaruh positif signifikan dengan koefisien parameter sebesar 0.213 dan nilai t-statistik 2.275, dan variabel pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan dengan koefisien parameter sebesar 0.324 dan nilai t-statistik 3.055. Hasil penelitian ini menghasilkan R-Square sebesar 0,662 dan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,648 yang artinya 64,8% konstruk minat nasabah dapat dijelaskan oleh ke-empat variabel eksogen yaitu literasi keuangan, pendapatan, akses informasi, dan pelayanan. Sedangkan sisanya 35,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan dan sebab-sebab lainnya. Kata kunci: SEM-PLS, Literasi Keuangan, Pendapatan, Akses Informasi, Pelayanan, Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: SEM-PLS, Financial Literacy, Income, Information Access, Service, The Interest of customer, SEM-PLS, Literasi Keuangan, Pendapatan, Akses Informasi, Pelayanan, Minat Nasabah
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Apr 2020 09:42
Last Modified: 06 Apr 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum