STRATEGI PEMBERITAAN KORAN TRIBUN TIMUR DALAM MEMPERTAHANKAN PASAR DI SULAWESI SELATAN

MUHLIS - NIM. 04210116, (2010) STRATEGI PEMBERITAAN KORAN TRIBUN TIMUR DALAM MEMPERTAHANKAN PASAR DI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERITAAN KORAN TRIBUN TIMUR DALAM MEMPERTAHANKAN PASAR DI SULAWESI SELATAN)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERITAAN KORAN TRIBUN TIMUR DALAM MEMPERTAHANKAN PASAR DI SULAWESI SELATAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratregi atau kiat-kiat pemberitaan yang dilakukan Koran Tribun Timur dalam mempertahankan pasar di tengah ketatnya persaingan pemberitaan di Sulawesi Selatan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variasi berita yang disajikan dalam pemberitaan di Koran Tribun Timur. Hal ini didasari karena dalam waktu yang relatif singkat Koran Tribun Timur mampu melakukan penetrasi pasar dan menjadi kekuatan baru di tengah persaingan pemberitaan antar koran di Sulawesi Selatan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga cara pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Koran Tribun Timur di Makassar, Sulawesi Selatan sedangkan informan-nya adalah pemimpin redaksi, sekertaris redaksi dan wartawan Koran Tribun Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan Koran Tribun Timur dalam merebut hati pembaca di Makassar tidak lain karena koran tersebut hadir dengan kiat pemberitaan tersendiri yang berbeda dengan koran sejenis yang sudah eksis lebih dulu. Kiat pemberitaan yang dimaksud adalah landasan penulisan berita, melibatkan partisipasi masyarakat dan unsur kecepatan dan kedalaman berita yang ditawarkan. Selain itu, Harian Tribun Timur menyajikan variasi berita yang cukup beragam. Secara reguler Harian tersebut memberitakan berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti: ekonomi, politik, pendidikan, olahraga, gaya hidup, leisure dan komunitas. Aspek lain yang tidak diberitakan secara reguler juga mendapat peluang yang sama untuk diberitakan. Hukum, agama, atau budaya misalnya, berita-berita seperti itu dapat dimuat secara proporsional dalam pemberitaan Harian Tribun Timur di headline atau rubrik tempat berita tersebut terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Akhmad Rifa'i, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: Koran Tribun Timur, persaingan pemberitaan, strategi pemberitaan
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Aug 2012 18:16
Last Modified: 16 Oct 2015 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum