BRAND MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI KASUS BRAND ASSOCIATION DI MI MA’ARIF NU MANGUNWENI KEBUMEN JAWA TENGAH)

Azis Widiatmojo, NIM. 12490060 (2019) BRAND MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI KASUS BRAND ASSOCIATION DI MI MA’ARIF NU MANGUNWENI KEBUMEN JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRAND MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI KASUS BRAND ASSOCIATION DI MI MA’ARIF NU MANGUNWENI KEBUMEN JAWA TENGAH))
12490060_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BRAND MANAJEMEN JASA PENDIDIKAN MADRASAH (STUDI KASUS BRAND ASSOCIATION DI MI MA’ARIF NU MANGUNWENI KEBUMEN JAWA TENGAH))
12490060_BAB II_SAMPAI_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap kondisi di MI Ma’arif NU Mangunweni Kebumen, di mana animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di madrasah tersebut begitu besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis brand association paling kuat yang ada di MI Ma’arif NU Mangunweni dengan mengacu pada acuan brand association menurut Darmadi Durianto yang meliputi: atribut produk, atribut tak berwujud, manfaat bagi pelanggan, harga relatif, penggunaan, pengguna/ pelanggan, orang terkenal/ khalayak, gaya hidup/ kepribadian, kelas produk, para pesaing, dan negara/ wilayah geografis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar di MI Ma’arif NU Mangunweni Kebumen Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, dokumentasi dan wawancara. Sebelum membuat angket, penelti melakukan wawancara sederhana dengan narasumber Kepala Madrasah dan empat wali murid untuk mendapatkan informasi mengenai asosiasi-asosiasi yang ada pada madrasah tersebut. Asosiasi-asosiasi yang ada kemudian di buat menjadi butir-butir pertanyaan angket dan disebarkan kepada sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan mentabulasi data atau mungubah data kualitatif menjadi data kuantitatif dalam bentuk tabel, kemudian dilakukan uji statistik dengan menggunakan rumus Cochran Q Test menggunakan bantuan program SPSS, kemudian berdasarkan kriteria yang telah ada dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asosiasi merek (brand association) yang signifikan dalam membentuk citra merek (brand image) pada MI Ma’arif NU Mangunweni terdiri dari 15 variabel asosiasi, yaitu: ada banyak mata pelajaran keislaman, tadarus Al-qur’an sebelum pelajaran dimulai, memiliki program tahfidz Al-qur’an, meningkatkan ketaatan siswa dalam beribadah shalat berjamaah, ruang kelas mendukung suasana belajar yang kondusif, proses belajar menyenangkan, mencerdaskan kehidupan masyarakat, membentuk siswa yang berkarakter, menerima semua siswa tanpa membedakan tingkat kecerdasan dan ekonominya, dipimpin oleh Pak Bambang Sugiarto, siswanya rajin dan disiplin, siswanya sholeh dan sholehah, memberikan model budaya madrasah yang baik, banyak siswa dari luar desa dan kecamatan, dan lingkungan madrasah bersih dan rapih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Asosiasi Merek (Brand Association)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:03
Last Modified: 22 Jan 2020 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum