MANAJEMEN PEMASARAN BIMBINGAN BELAJAR EQUINOX DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Chussen, NIM. 12490119 (2019) MANAJEMEN PEMASARAN BIMBINGAN BELAJAR EQUINOX DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN BIMBINGAN BELAJAR EQUINOX DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
12490119_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN BIMBINGAN BELAJAR EQUINOX DI DESA SEGOROYOSO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
12490119_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam kenyataan yang terjadi di Era Globalisasi sekarang, persaingan antar dunia pendidikan menjadi tidak dapat terelakan lagi, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan konsumennya sehingga banyak dinamika negatif dari beberapa lembaga pendidikan. Persaingan antar lembaga pendidikan nonformal sangatlah pesat, banyak bermunculan lembaga-lembaga non formal yang baru dan banyak juga lembaga pendidikan yang telah mati. Peneliti tertarik meneliti Bimbingan Belajar Equinox sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal yang masih berdiri sampai saat ini. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui manajemen pemasaran bimbingan belajar Equinox; (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pemasaran Equinox; dan (3) bagaimana hasil pemasaran lembaga bimbingan belajar Equinox 3 tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian data kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode interview kepada narasumber, metode observasi lingkungan, dan metode dokumentasi berupa foto/gambar, serta menguji validitas data dengan trianggulasi sumber dengan dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian adalah pertama: manajemen pemasaran bimbingan belajar Equinox masih memiliki banyak kekurangan dilihat dari 7 faktor bauran pemasaran (marketing mix) yaitu product (produk), price (biaya), place (tempat), physical evidence (bukti fisik), people (sumber daya manusia), promotion (promosi), dan process (proses) dalam pemasaran pendidikannya. Kedua, faktor pendukung pemasaran di Equinox adalah faktor product (produk), price (biaya), place (tempat), dan faktor-faktor penghambat pemasaran di Equinox adalah faktor physical evidence (bukti fisik), people (sumber daya manusia), promotion (promosi), dan process (proses). Dan yang ke tiga, yaitu hasil pemasaran bimbel Equinox selama 3 tahun terkahir mengalami penurunan sebesar 15.5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miftahus sa'adah S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, manajemen pemasaran, Lembaga Pendidikan Non Formal
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:17
Last Modified: 22 Jan 2020 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum