STUDI DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA

Sumaryanti, NIM 12690013 (2019) STUDI DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
12690013-BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
12690013-BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstract This research aims to determine the physics learning process at Primagama Yogyakarta Homeschooling which includes planning, implementating, and evaluating. This research is a qualitative reasearch with descriptive approach. The collection of data obtain through direct observation, educators interviews, and students interviews. Respondent consist of highschool physics educators, two students from class XII community, two students from class XI community, and a student from class XII individual. Instrument for this research are learning observation sheet, educators and students interviews sheet. Data validation obtain through triangulation achieved by comparing and checking confidence levels of the observation and the interview data. Data analysis describe in a descriptive form. The result of this research are: 1) in the planning process, educators acquire lesson plan from administrative and curriculum staff, briefing, and meeting with students at the first semester. 2) physics learning held once a week with a duration of 60 minutes with flexible learning activities by adjusting the ability of students 3) evaluation consist of writing and oral test. Keywords : learning process, physics learning of homeschooling, Primagama Yogyakarta Homeschooling. INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran fisika di Homeschooling Primagama Yogyakarta yang meliputi perencanaan pembelajaran fisika, pelaksanaan pembelajaran fisika, dan penilaian pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi pembelajaran langsung, wawancara pendidik, dan wawancara peserta didik. Responden terdiri dari pendidik mata pelajaran fisika tingkat SMA, dua peserta didik kelas XI komunitas, dua peserta didik kelas XII komunitas, dan satu peserta didik kelas XII individu. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi pembelajaran, lembar wawancara pendidik, dan lembar wawancara peserta didik. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Analisis data dalam penelitian ini diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh terkait proses pembelajaran fisika di Homeschooling Primagama Yogyakarta antara lain 1) Pada proses perencanaan pembelajaran fisika, pendidik sudah memperoleh RPP dari staff administrasi dan kurikulum, diadakan briefing untuk pendidik sebelum mengajar serta diadakan pertemuan wali kelas dengan peserta didik setiap awal semester. 2) Pelaksanaan pembelajaran fisika di Homeschooling Primagama Yogyakarta dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dengan durasi waktu 60 menit, kegiatan pembelajaran dilakukan secara fleksibel dengan menyesuaikan kemampuan peserta didik. 3) Penilaian pembelajaran fisika dilakukan dengan tes tulis dan tes lisan. Kata kunci : Proses pembelajaran, Pembelajaran fisika homeschooling, Homeschooling Primagama Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, Pembelajaran fisika homeschooling, Homeschooling Primagama Yogyakarta
Subjects: Fisika
Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2020 08:21
Last Modified: 20 Apr 2020 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum