PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TRIKOMA DAUN TUMBUHAN BERBIJI DI AREA PERSAWAHAN DESA KARANGTENGAH IMOGIRI TIMUR BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF

M. AZHAR AL-HAZMI, NIM 13680023 (2019) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TRIKOMA DAUN TUMBUHAN BERBIJI DI AREA PERSAWAHAN DESA KARANGTENGAH IMOGIRI TIMUR BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TRIKOMA DAUN TUMBUHAN BERBIJI DI AREA PERSAWAHAN DESA KARANGTENGAH IMOGIRI TIMUR BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF)
13680023_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA TRIKOMA DAUN TUMBUHAN BERBIJI DI AREA PERSAWAHAN DESA KARANGTENGAH IMOGIRI TIMUR BANTUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF)
13680023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman struktur trikoma daun di area persawahan Desa Karangtengah Imogiri Timur Bantul, mengembangkan informasi yang telah diperoleh dalam bentuk sumber belajar berupa ensiklopedia bagi siswa kelas XI SMA/MA serta mengetahui kualitas ensiklopedia tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Keanekaragaman struktur trikoma diperoleh dari observasi daun tumbuhan berbiji di area persawahan Desa Karangtengah. Sampel tumbuhan ditentukan dengan metode purposive sampling pada area tersebut. Instrumen penilaian ensiklopedia dan respon siswa terhadap produk tersebut berupa sebaran angket yang terdiri dari aspek kualitas isi, penyajian, bahasa, dan desain grafis. Produk divalidasi dan selanjutnya dinilai kualitasnya oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi. Uji terbatas dilakukan melalui sebaran angket respon siswa terhadap. Hasil observasi dan identifikasi keanekaragaman trikoma daun di area persawahan desa Karangtengah menunjukkan bahwa dari 32 spesies yang termasuk dalam 14 famili diketahui terdapat trikoma non-glandular bertipe uniseluler, unseriate, stellate sessile, dan stellate stalked serta trikoma glandular bertipe capitate. Penilaian kualitas produk oleh para ahli, peer reviewer, dan guru menunjukkan bahwa ensiklopedia yang disusun berkategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 82.4%, 90.6%, dan 88.7%. Siswa memberikan respon sangat setuju (SS) terhadap ensiklopedia tersebut dengan persentase keidealan 84%. Dengan demikian ensiklopedia trikoma daun tumbuhan berbiji di area persawahan Desa Karangtengah Imogiri Timur Bantul layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI SMA/MA. Kata kunci: trikoma, ensiklopedia, karangtengah, sumber belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dias Idha Pramesti S. Si., M. Si.
Uncontrolled Keywords: trikoma, ensiklopedia, karangtengah, sumber belajar
Subjects: Biologi
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2020 08:29
Last Modified: 20 Apr 2020 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum