KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MEMOTIVASI SANTRI KALONG DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK GRIYA INSAN PENGHAFAL AL-QUR’AN (GIPA) AL-QASIM KRAPYAK SEWON BANTUL

FATKHURROZAK JOHAN MAULANA, NIM. 13490020 (2019) KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MEMOTIVASI SANTRI KALONG DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK GRIYA INSAN PENGHAFAL AL-QUR’AN (GIPA) AL-QASIM KRAPYAK SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MEMOTIVASI SANTRI KALONG DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK GRIYA INSAN PENGHAFAL AL-QUR’AN (GIPA) AL-QASIM KRAPYAK SEWON BANTUL)
13490020_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MEMOTIVASI SANTRI KALONG DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK GRIYA INSAN PENGHAFAL AL-QUR’AN (GIPA) AL-QASIM KRAPYAK SEWON BANTUL)
13490020_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap santri kalong dalam Pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kyai dalam memotivasi santri kalong pondok pesantren Al-Munawwir komplek Gipa Al-Qasim Krapyak Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan menggunakan seluruh data yang ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tipe kepemimpinan paternalistik dan tipe kepemimpinan kharismatik yang digunakan kyai dalam mempimpin dapat menumbuhkan motivasi santri kalong dalam menghafal Al-Qur’an.ِ Kepemimpinanِ tersebut memberikan timbal balik antara Kyai dengan santri. Sehingga santri mematuhi Kyai sebagai bentuk rasa hormat kepada guru dan mengharapkan ridho dari guru akan keberkahan ilmunya. (2) Kyai memberikan motivasi kepada santri bukan hanya melalui nasihat-nasihat, namun juga memberikan teladan kepada santri. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi santri, bahwa kyai tidak hanya mengajar namun juga mendidik santri dengan karakter keislaman. (3) Evaluasi target hafalan yang diterapkan di pesantren yang dilaksanakan melalui metode sorogan kepada kyai. Metode sorogan selain untuk menambah hafalan juga untuk memperbaiki kefasihan bacaan, serta memotivasi santri untuk selalu muroja’ah.ِ Denganِ metodeِ soroganِ tersebutِ terbuktiِ bahwaِ perkembanganِ hafalanِ santri kalong meningkat. Perkembangan santri kalong dalam hafalan tidak terlepas dari kepemimpinan dan bentuk motivasi yang diberikan kyai dalam membimbing dan mengarahkan menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan Kyai, Motivasi, Santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:45
Last Modified: 22 Jan 2020 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum