STUDI KELENGKAPAN DAN KEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KOTA YOGYAKARTA

Aidilla Diah Pratiwi, NIM 15680030 (2019) STUDI KELENGKAPAN DAN KEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KELENGKAPAN DAN KEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KOTA YOGYAKARTA)
15680030_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KELENGKAPAN DAN KEMANFAATAN ALAT LABORATORIUM BIOLOGI KELAS XI MADRASAH ALIYAH (MA) SE-KOTA YOGYAKARTA)
15680030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kelengkapan dan kondisi alat laboratorium biologi di MA se-Kota Yogyakarta; 2) tingkat kemanfaatan alat laboratorium biologi kelas XI di MA se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi diambil dari seluruh MA di Kota Yogyakarta sebanyak 6 MA. Sampel yang digunakan yakni 4 MA di Kota Yogyakarta mencakup 117 siswa kelas XI IPA dan 4 guru biologi. Teknik pengumpulan data mengenai studi kelengkapan dan kondisi alat laboratorium biologi menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik pengumpulan data mengenai kemanfaatan alat laboratorium biologi kelas XI menggunakan lembar angket serta lembar wawancara. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menghitung persentase yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa 1) tingkat ketersediaan alat laboratorium biologi MA se-Kota Yogyakarta dalam kategori kurang baik dengan persentase 68,45% dari jumlah idealnya yang berdasar pada Permendiknas No.24 Tahun 2007, sedangkan tingkat kondisi alat laboratorium biologi dalam kategori sangat bak dengan persentase 96,9%; 2) tingkat kemanfaatan alat laboratorium biologi kelas XI di MA se-Kota Yogyakarta dalam kategori baik dengan persentase 84,3%. Kedua hasil analisis tersebut perlu mendapat perhatian lebih lanjut agar dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan maksimal. Kata Kunci: Kelengkapan, kemanfaatan, alat laboratorium biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan, kemanfaatan, alat laboratorium biologi
Subjects: Biologi
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2020 11:32
Last Modified: 23 Apr 2020 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum