MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB PGRI PAMEKASAN PROVINSI JAWA TIMUR

YUNIATARI, NIM. 14490004 (2019) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB PGRI PAMEKASAN PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB PGRI PAMEKASAN PROVINSI JAWA TIMUR)
14490004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB PGRI PAMEKASAN PROVINSI JAWA TIMUR)
14490004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Manajemen peserta didik dapat diterapkan di setiap lembaga pendidikan termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen peserta didik dalam meningkatkan layanan pembelajaran anak tunagrahita di SMPLB PGRI Pamekasan. Manajemen peserta didik adalah usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Kemampuan setiap anak tunagrahita berbeda-beda sehingga penerapan manajemen peserta didik dalam pemberian layanan pembelajaran harus secara individual. Penerapan manajemen peserta didik ini dapat dilaksanakan untuk meningkatkan layanan pembelajaran anak tunagrahita melalui upaya-upaya yang akan dilakukan sekolah. Dalam menerapkan kegiatan-kegiatan manajemen peserta didik menggunakan fungsi manajemen, yaitu POAC (planning, organizing, actuating, dan controlling). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dalam penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen peserta didik anak tunagrahita di SMPLB PGRI Pamekasan dilakukan melalui kegiatan fungsi manajemen, yakni pertama planning, meliputi kegiatan proses penerimaan peserta didik baru dan adanya program kesiswaan yang sudah disusun sekolah. Kedua organizing, adanya pembagian tugas dan tanggungjawab masing-masing stakeholder yang berperan secara langsung dalam kegiatan manajemen peserta didik. Ketiga actuating, yang meliputi kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler untuk pengembangan bakat dan minat peserta didik. Keempat controlling, adanya kegiatan evaluasi untuk melihat perkembangan peserta didik di bidang akademik, sikap, dan keterampilan. (2) Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan layanan pembelajaran anak tunagrahita, yaitu guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif, menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran, dan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran di kelas. (3) Faktor pendukung yaitu dari segi guru yang memiliki sifat sabar yang tinggi dan kesiapan mental dalam menghadapi anak dan adanya sarana prasarana yang menunjang kemapuan anak dalam pembelajaran, sedangkan faktor penghambat berasal dari peserta didik anak tunagrahita yang sulit dalam berkonsentrasi, berpikir abstrak, dan berkomunikasi dan juga ruang kelas yang terbatas sehingga kegiatan belajar mengajar kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peserta Didik, Layanan Pembelajaran, Anak Tunagrahita
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:26
Last Modified: 23 Jan 2020 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum