PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ODONATA BERBASIS POTENSI LOKAL DI CANDI ABANG DAN LAVA BANTAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Wuri Esti Tyas Utami, NIM. 15680041 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ODONATA BERBASIS POTENSI LOKAL DI CANDI ABANG DAN LAVA BANTAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ODONATA BERBASIS POTENSI LOKAL DI CANDI ABANG DAN LAVA BANTAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI)
15680041_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ODONATA BERBASIS POTENSI LOKAL DI CANDI ABANG DAN LAVA BANTAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI)
15680041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Candi Abang dan Lava Bantal memiliki potensi lokal yang belum dimanfaatkan dalam pembelajaran. Salah satu potensi lokal Candi Abang dan Lava Bantal adalah capung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman capung Candi Abang dan Lava Bantal, mengetahui pengembangan keanekaragaman capung Candi Abang dan Lava Bantal dalam bentuk LKS, dan mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian keanekaragaman capung Candi Abang dan Lava Bantal serta penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Dalam penelitian keanekaragaman capung Candi Abang dan Lava Bantal didapatkan 31 jenis capung dari 6 famili yaitu famili Aeshnidae, famili Gomphidae, famili Libellulidae, famili Chlorocyphidae, famili Platycnemididae, dan famili Coenagrionidae. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan dibatasi ADDE, tanpa implementasi. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, media, peer reviewer, guru biologi dan 15 siswa kelas X MAN 4 Bantul. Berdasarkan nilai indeks keanekaragaman Shannon-Wiener (H’) tingkat keanekaragaman capung di Candi Abang sebesar H’=2.13 termasuk kategori sedang dan Lava Bantal sebesar H’=1,94 termasuk kategori sedang. Hasil penelitian keanekaragaman capung di Candi Abang dan lava Bantal selanjutnya dikembangkan menjadi produk pembelajaran berupa LKS keanekaragaman capung. Hasil penilaian terhadap LKS menurut ahli materi 84,71% (Sangat Baik), ahli media 89,24% (Sangat Baik), peer reviewer 90,53% (Sangat Baik), guru 78,82% (Baik), dan respon siswa 90,40% (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, LKS yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru atau siswa SMA/MA. Kata kunci: LKS, Odonata, Potensi Lokal, Candi abang, Lava Bantal, Keanekaragaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistiyowati, M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: LKS, Odonata, Potensi Lokal, Candi abang, Lava Bantal, Keanekaragaman
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2020 10:17
Last Modified: 24 Apr 2020 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum