PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Faizah Agustina Putri, NIM. 15680042 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
15680042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
15680042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi pokok sistem koordinasi, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI pada materi pokok sistem koordinasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel Penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan instrument berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes, dengan instrument berupa soal pretest dan posttest materi sistem koordinasi. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,026 > 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney Asymp. sig. sebesar 0,040 > 0,05. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Annisa Firanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2020 10:18
Last Modified: 24 Apr 2020 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum