STRATEGI BRANDING PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA

Sahidah Nur Azizah, NIM. 14490039 (2019) STRATEGI BRANDING PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BRANDING PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA)
14490039_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BRANDING PENDIDIKAN INKLUSI DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA)
14490039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti untuk menganalisis atau mengetahui apakah SDN Karanganyar Yogyakarta menerapkan strategi branding untuk memasarkan jasa pendidikan inklusi dan bagaimana bentuk penerapan strategi branding tersebut. Branding merupakan keseluruhan kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan secara terinci untuk memilih berbagai unsur yang berkaitan dengan jasa atau produk dari nilai hingga janji yang ditawarkan. Semakin tingginya persaingan antar sekolah dalam menawarkan jasa pendidikan inklusi mengharuskan sekolah harus siap sejak dini untuk menghadapi persaingan tersebut. Bentuk menghadapi persaingan tersebut diwujudkan dengan penerapan strategi branding melalui ilmu public relation yang tepat sehingga sekolah mampu menawarkan jasa pendidikan inklusi yang berkualitas. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data baik berupa tabel maupun gambar, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan melalui triangulasi transcribing dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Karanganyar Yogyakarta menerapkan strategi branding untuk memberikan kualitas yang baik dan terdapat ciri khas dalam menyelengarakan pendidikan inklusi. Bentuk penerapan strategi branding berupa: 1) Pengembangan lifeskill untuk semua peserta didik, khususnya peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) dan kegiatan tersebut menjadi ciri khas di SDN Karanganyar Yogyakarta, 2) penerapan ilmu public relation yang dibuktikan melalui kualitas komunikasi yang dibangun dari pihak internal SDN Karanganyar Yogyakarta, pihak SDN Karanganyar Yogyakarta dengan pihak eksternal, dan bentuk-bentuk promosi untuk mempromosikan pendidikan inklusi di SD tersebut, 3) Dampak positif dari penerapan strategi branding adalah peserta didik berkebutuhan khusus mampu meraih prestasi dari bidang non akademik, sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah terdapat orang tua yang menolak label sekolah inklusi di SDN Karangangayar Yogyakarta, 4) Faktor pendukungnya adalah adanya SDM yang berkualitas, dukungan dari publik eksternal, orang tua ABK yang mampu diajak bekerja sama, dan adanya sarana prasarana untuk praktik pengembangan lifeskill. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah alat penunjang pembelajaran yang terbatas dan gedung sekolah yang belum ramah anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding, Pendidikan Inklusi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:59
Last Modified: 23 Jan 2020 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum