PENGARUH PENERBITAN SUKUK NEGARA DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN SUKUK KORPORASI DI INDONESIA

MUHAMAD FAIZ ARRAFI, NIM. 17208010035 (2019) PENGARUH PENERBITAN SUKUK NEGARA DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN SUKUK KORPORASI DI INDONESIA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERBITAN SUKUK NEGARA DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN SUKUK KORPORASI DI INDONESIA)
17208010035_BAB.1_BAB.V_DAFTAR PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERBITAN SUKUK NEGARA DAN EKONOMI MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN SUKUK KORPORASI DI INDONESIA)
17208010035_BAB.2_BAB.3_BAB.4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sukuk korporasi merupakan salah satu instrumen investasi syariah yang diterbitkan oleh suatu perusahaan dalam mencari pendanaan. Tujuan perusahaan menerbitkan sukuk yaitu untuk mendapatkan dana dari masyarakat untuk pengembangan bisnis perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerbitan sukuk negara dan ekonomi makro yang meliputi inflasi, pertumbuhan ekonomi (PDB), jumlah uang beredar, nilai tukar rupiah, dan suku bunga BI terhadap pertumbuhan sukuk korporasi. Penelitian ini menggunakan Error Correction Model (ECM) dalam menganalisis data atau variabel. ECM adalah teknik untuk mengoreksi ketidakseimbangan jangka pendek menuju jangka panjang, serta dapat menjelaskan antara variabel terikat dengan variabel bebas pada waktu sekarang dan lampau. Hasil penelitian ini adalah penerbitan sukuk negara memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan sukuk korporasi dalam jangka panjang. Sementara penerbitan sukuk negara dalam jangka pendek tidak mempengaruhi pertumbuhan sukuk korporasi. Jumlah uang beredar (M2) dalam jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan sukuk korporasi. Sedangkan dalam jangka panjang jumlah uang beredar (M2) tidak mempengaruhi pertumbuhan sukuk korporasi. Kurs dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan dalam jangka pendek kurs tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan sukuk korporasi. Suku bunga BI dalam jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan sukuk korporasi. Sedangkan dalam jangka pendek suku bunga BI tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan sukuk korporasi. PDB dan inflasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan sukuk korporasi dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Kata Kunci : Penerbitan Sukuk Negara, Jumlah Uang Beredar (M2), Nilai, Tukar Rupiah, Suku Bunga BI, Pertumbuhan Ekonomi (PDB), Inflasi dan Pertumbuhan Sukuk Korporasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, M.AG
Uncontrolled Keywords: Penerbitan Sukuk Negara, Jumlah Uang Beredar (M2), Nilai, Tukar Rupiah, Suku Bunga BI, Pertumbuhan Ekonomi (PDB), Inflasi dan Pertumbuhan Sukuk Korporasi.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2020 10:49
Last Modified: 14 May 2020 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum