EXPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM PEMBELAJARAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM KELAS X SMK SMART AL MUHSIN KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA

Lutfi Abdul Basit, NIM. 1620411017 (2019) EXPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM PEMBELAJARAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM KELAS X SMK SMART AL MUHSIN KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EXPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM PEMBELAJARAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM KELAS X SMK SMART AL MUHSIN KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA)
BAG DEPAN_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EXPERIMENTASI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DALAM PEMBELAJARAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM KELAS X SMK SMART AL MUHSIN KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA)
1620411017 BAB II_ III_IV_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya problem dalam pembelajaran maharah kalam di SMK Smart Al-Muhsin Krapyak Yogyakarta. Menurut hasil wawancara terhadap guru bahwa proses pembelajaran maharah kalam belum berjalan sesuai harapah, hal ini dibuktikan dengan beberapa hal seperti siswa kurang antusias dalam belajar, siswa masih kesulitan berbicara bahasa Arab dan sebagainya. Hal ini senada dengan pernyataan siswa bahwa proses pembelajaran bahasa Arab belum memberikan perubahan yang signifikan. Mereka masih merasa kesulitan berbicara bahas Arab. mereka merasa bosan dengan pembelajaran maharah kalam. Dari beberapa pernyataan tersebut perlu kiranya sebuah gebrakan baru dalam pendekatan maharah kalam. Peneliti berusaha berdiskusi dengan pihak sekolah dan ingin menerapkan pendekatan Total Phisical Respon dalam pembelajaran maharah kalam. Penelitian ini merupakan penelitian berbntuk Reseacrh and Development. Dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis eksperimentasi. Berdasarkah hasil analisi data diperoleh kesimpulan tentang: 1) hal-hal yang berkaitan dengan analisis kebutuhan pembelajaran maharah kalam, 2) prototype pendekatan TPR dalam pembelajaran maharah kalam, 3) analisis intrumen dan hasil nilai dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah proses ekperimentasi. Kata Kunci: Pendekatan TPR, Maharah Kalam, Pendekatan Experimentasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin, A, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendekatan TPR, Maharah Kalam, Pendekatan Experimentasi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 May 2020 12:37
Last Modified: 18 May 2020 12:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum