PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM KEPENGASUHAN DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG PRINGWULUNG YOGYAKARTA

Kurnia Handayani, NIM. 15490001 (2019) PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM KEPENGASUHAN DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG PRINGWULUNG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM KEPENGASUHAN DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG PRINGWULUNG YOGYAKARTA)
15490001_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MANAJEMEN PROGRAM KEPENGASUHAN DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG PRINGWULUNG YOGYAKARTA)
15490001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen program kepengasuhan yang diterapkan di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu cabang Pringwulung Yogyakarta dalam mengoptimalkan perkembangan emosional anak usia dini. Dalam penelitian ini meliputi manajemen program kepengasuhan yang diterapkan, strategi yang digunakan dalam mengoptimakan perkembangan anak usia dini dan bagaimana hasil yang dicapai setelah adanya penerapan manajemen program kepengasuhan ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan mengambil latar belakang di Panti Asuhan Yayayasan Sayap Ibu cabang Pringwulung Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber, teknik dan waktu kemudian dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Manajemen program kepengasuhan meliputi (a) tahap perencanaan program yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan anak. (b) tahap pelaksanaan program meliputi beberapa proses pengorganisasian yang melibatkan staff panti asuhan dan relawan yang berpartisipasi dalam bidangnya. (c) tahap pengawasan dalam proses berjalannya program dilakukan oleh seorang pengawas internal sekaligus yang menjadi unit penunjang dan unit teknis. (d) evaluasi melibtakan semua staff yang bersangkutan. 2. Strategi yang diterapkan dalam mengoptimalkan perkembangan emosional anak usia dini di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu cabang Pringwulung Yogyakarta dilakukan melalui 2 cara, yaitu strategi pola asuh dan strategi program untuk mengoptimalkan perkembangan emosional anak. 3. Perkembangan emosional anak usia dini (4-6 tahun) di Yayasan Sayap Ibu cabang Pringwulung Yogyakarta dalam segi sosial dan mengelola emosi sudah mengalami pertumbuhan yang sesuai dengan indikator. Namun untuk indikator tumbuh kesadaran dan kemampuan diri, dapat memanfaatkan emosi dan bersikap empati, anak masih harus terus dilatih secara intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program Kepengasuhan, Perkembangan Emosional.
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:39
Last Modified: 23 Jan 2020 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum