POLA INTONASI TUTURAN KALIMAT INTEROGATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (STUDI ANALISA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Samirotul Azizah, NIM. 1520410038 (2019) POLA INTONASI TUTURAN KALIMAT INTEROGATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (STUDI ANALISA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA INTONASI TUTURAN KALIMAT INTEROGATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (STUDI ANALISA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520410038_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA INTONASI TUTURAN KALIMAT INTEROGATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (STUDI ANALISA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520410038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Samirotul Azizah, S.Pd.I. Pola Intonasi Tuturan Kalimat Interogatif dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Mahārah al-Kalām (Studi Analisa pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Mahasiswa sebagai calon pendidik bahasa Arab idealnya memiliki kemahiran bahasa dengan baik. Namun ditemukan banyak kekurangan dalam penetahuan dan keterampilan mahasisawa dalam berbicara dengan ketepatan intonasi yang baik. Oleh karena itu peneliti mencoba menganalisis penerapan pola intonasi oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola intonasi kalimat interogatif oleh mahasisawa PBA UIN Sunan Kalijaga dan keberterimaannya oleh penutur asli bahasa Arab serta implikasinya dalam pembelajaran mahārah al-kalām di jurusan PBA UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan studi kasus termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan dilakukan verifikasi. Hasil yang diperoleh adalah pertama, Mahasiswa PBA UIN Sunan Kalijaga dapat menerapkan pola intonasi kalimat interogatif bahasa Arab yang berterima oleh penutur asli bahasa Arab dengan nilai keberterimaan yang variatif. Pola intonasi terbaik adalah Terdapat alir nada turun pada kata tanya, naik-turun-naik pada predikat, naik-turun pada objek, dan alir nada akhir naik-turun-naik pada keterangan. Kedua, implikasi penerapan pola intonasi kalimat interogatif terhadap pembelajaran mahārah al-kalām yakni mahasiswa dan dosen sebagai pihak yang terlibat dalam pembelajaran ini dapat menerapkan prinsip dan memenuhi komponen pembelajaran bahasa Arab secara umum Adapun secara khusus yang berkaitan dengan pembelajaran ketepatan intonasi adalah mahasiswa harus melatih pendengaran dan pengucapan modus kalimat bahasa Arab di mana latihan pendengaran adalah tahap pertama dan latihan pengucapan adalah tahap kedua; dosen dapat melakukan pengembangan materi dan metode didasarkan pada latihan ketetapatan intonasi yang sesuai dengan sistem bunyi bahasa Arab. Keyword: Intonasi tuturan kalimat interogatif, Pembelajaran mahārah al-kalām

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Tulus Musthofa, Lc. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Intonasi tuturan kalimat interogatif, Pembelajaran mahārah al-kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 May 2020 08:51
Last Modified: 29 May 2020 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum