PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGURUTAN BILANGAN, PERBANDINGAN BILANGAN, DAN LAMBANG BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF GIRILOYO 2

Anisatul Farida, NIM. 1520421024 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGURUTAN BILANGAN, PERBANDINGAN BILANGAN, DAN LAMBANG BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF GIRILOYO 2. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGURUTAN BILANGAN, PERBANDINGAN BILANGAN, DAN LAMBANG BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
1520421024_BAB-1-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGURUTAN BILANGAN, PERBANDINGAN BILANGAN, DAN LAMBANG BILANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
1520421024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan tentang pentingnya media pemebeljaran dalam proses belajar mengajar. Namun yang terjadi di sekolah-sekolah khususnya MI Ma’arif Girioyo 2 keberadaan media pembelajaran sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kartu bilangan yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 1 di MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D). Prosedur pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur pengembangan Borg & Gall dalam buku sugiono dengan langkah-langkah yaitu: 1) penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) uji coba pemakaian, 8) revisi produk 9) produksi masal. Subjek uji coba adalah siswa kelas 1 MI Ma’arif Giriloyo 2 sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar penilaian produk, skala respon guru, dan skala respon siswa. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa produk kartu layak digunakan menurut ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat baik”. Menurut respon guru dan siswa media kartu ini masuk dalam kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bilangan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas I MI/SD. Kata Kunci : Media Pembelajaran Matematika, Media Kartu Bilangan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khurul Wardati, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Media Kartu Bilangan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Sains
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 May 2020 09:50
Last Modified: 29 May 2020 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum