STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA OLEH BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU (BKPBM) KEPADA MAHASISWA INHIL RIAU DI YOGYAKARTA

Alfa Muna Najiha, NIM. 15490058 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA OLEH BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU (BKPBM) KEPADA MAHASISWA INHIL RIAU DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA OLEH BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU (BKPBM) KEPADA MAHASISWA INHIL RIAU DI YOGYAKARTA)
15490058_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA OLEH BALAI KAJIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MELAYU (BKPBM) KEPADA MAHASISWA INHIL RIAU DI YOGYAKARTA)
15490058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Indonesia memiliki keragaman budaya, salah satunya yaitu budaya Melayu. Budaya Melayu sebagai salah satu dari berbagai kebudayaan yang hidup, tumbuh dan berkembang dimuka bumi ini. Budaya Melayu yang memiliki kekhasan dalam budaya dan adat kemasyarakat nya. Salah satu lembaga yang mengembangkan kejayaan budaya Melayu diera milenial sampai saat ini adalah Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM). Berbagai upaya yang dilakukan lembaga BKPBM untuk mempertahankan dan mengembangkan Budaya Melayu. Kemudian menarik untuk dikaji bagaimana Strategi Lembaga BKPBM dalam mengembangkan budaya Melayu kepada mahasiswa Inhil Riau Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Antropologi Budaya dengan teori budaya Menurut Ralph Linton. Selain itu,dalam penelitian ini juga menggunakan unsur strategi dari Newman dan Logan. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) merupakan salah satu lembaga yang mengembangkan pendidikan Budaya. BKPBM mengembangkan pendidikan budaya Melayu di Yogyakarta dengan beberapa strategi yang dikembangkan yaitu Strategi Internal dan Eksternal. Strategi eksternal pengembangannya lebih keluar lembaga BKPBM, dengan memanfaatkan beberapa media seperti televisi, dan media sosial (Facebook, website) sedangkan strategi Internal atau strategi dalam lebih menggunakan fasilitas yang ada di BKPBM seperti Museum, perpustakaan mini, dll. Strategi ini untuk mengoptimalisasikan sumber daya manusia agar dapat berfungsi secara efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Lembaga Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), Mahasiswa Inhil Riau di Yogyakarta.
Subjects: Islam dan Budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 09:12
Last Modified: 27 Jan 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37747

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum